Lampung Jadi Tuan Rumah Rakernas Kemendag, Fokus Sinergikan Program Daerah dan Pusat

Lampung Jadi Tuan Rumah Rakernas Kemendag, Fokus Sinergikan Program Daerah dan Pusat

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa Kemendag siap melakukan transformasi perdagangan untuk mendukung pembangunan ekonomi yang bernilai tambah dan berkelanjutan.

“Raker Kemendag 2023 difokuskan untuk mensinergikan program kerja Kementerian Perdagangan dengan para pemangku kepentingan untuk mendukung pembangunan ekonomi bernilai tambah dan berkelanjutan,” kata Mendag saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan RI, di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Rabu (1/3). 

Rakernas ini diisi dengan pemaparan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Diantaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (terkait Strategi Pemerintah Dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan), Kepala Bappenas (terkait Arah Kebijakan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024). 

Kemudian, Menteri Keuangan terkait Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 dan 2024.

BACA JUGA:Tekab 308 Satreskrim Polres Way Kanan Tangkap Satu Pelaku Curas

Selain itu, terdapat Menteri Perindustrian dan Menteri BUMN sebagai narasumber pada Talk Show bertajuk Transformasi Pembangunan dalam Membangun Negeri bersama sejumlah praktisi dari dunia usaha.

Kegiatan Rakernas Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan RI dengan tema Transformasi Perdagangan Mendukung Pembangunan Ekonomi Bernilai Tambah dan Berkelanjutan tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 1 sampai 2 Maret 2023.

Rakernas tersebut dihadiri sekitar 400 peserta yang terdiri dari pejabat Kementerian Perdagangan, dinas yang membidangi perdagangan di seluruh daerah, perwakilan perdagangan luar negeri, pelaku usaha, dan akademisi.

Untuk memperkuat program kerja, Raker Kemendag mengkoordinasikan dan mensinkronisasi Rencana Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2023-2024, serta mendapatkan informasi dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan di sektor perdagangan.

BACA JUGA:Turunkan Alat Berat, BPJN Perbaiki Badan Jalan Liwa-Krui yang Terangkat

Pada Raker Kemendag 2023 ini, para peserta akan menyusun berbagai rumusan untuk mendukung pembangunan ekonomi bernilai tambah dan berkelanjutan. Begitu juga dengan upaya meningkatkan efisiensi rantai pasok dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.

Semua itu sebagai bagian dari upaya mendukung ekosistem pasar domestik yang berkualitas, meningkatkan kualitas produk dalam negeri, dan meningkatkan daya saing ekspor.

“Melalui pelaksanaan Raker 2023, Kemendag diharapkan dapat menghasilkan rumusan untuk mendukung kinerja perdagangan Indonesia,” terangnya. 

Zulkifli menyampaikan bahwa kunci untuk mensukseskan itu semua yaitu kolaborasi dan kerja sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: