Pj Bupati Pringsewu Serahkan Hasil Pembangunan DAK Bidang Sanitasi

Pj Bupati Pringsewu Serahkan Hasil Pembangunan DAK Bidang Sanitasi

Hasil pembangunan Infrastruktur DAK Bidang Sanitasi Tahun Anggaran 2022 yang tersebar di Tujuh pekon di Kabupaten Pringsewu diresmikan dan disahkan PJ Bupati Adi Erlansyah didampingi kadis PUPR Imam Santiko dan kepala OPD lainnya.--

"Hal ini untuk menjamin keberlanjutan pengelolaan, melalui penekanan perubahan perilaku dan pola hidup masyarakat untuk dapat hidup lebih bersih dan sehat," pesannya.

BACA JUGA:Wagub Nunik Dampingi MenPAN RB Resmikan Mall Pelayanan Publik di Lamteng

Dari berbagai pengamatan dan penelitian yang dilakukan, terang Adi Erlansyah, terbukti bahwa semakin besar akses penduduk kepada fasilitas sanitasi serta pemahaman tentang higienis, semakin kecil kemungkinan terjadinya kasus penyebaran penyakit yang ditularkan melalui media air dan tanah. 

"Saya berharap Kapekon terus mengedukasi masyarakat untuk dapat memanfaatkan TPS3R, SPALDT maupun SPALDS tersebut," ungkapnya.

Kabupaten Pringsewu menurut kadis PUPR setempat Imam Santiko telah berstatus ODF yang dideklarasikan 2017. 

BACA JUGA:Dua Kampung di Kecamatan Negeri Agung Tetapkan Penerima BLT-DD Tahun 2023

Terkait hal ini lanjut Imam salah satu tujuan DAK Sanitasi adalah untuk menekan angka stunting. 

Sementara itu Kabupaten Pringsewu sampai dengan 2022 telah membangun sebanyak 73 unit SPALDT dan SPALDS Pringsewu dengan total mencapai 3.977 sambungan rumah dengan anggaran mencapai Rp 4,2 milyar. 

"Saya ucapkan selamat kepada 7 pekon penerima program DAK Sanitasi 2022. Semoga program ini senantiasa bermanfaat dan menjadi penyemangat untuk Desa Mandiri yang lain. Semoga sarana sanitasi ini akan tetap berfungsi dan berkelanjutan," pesan Imam.* 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: