Dinkes Tanggamus Usulkan Penambahan Dokter Umum Kepada Kemenkes

Dinkes Tanggamus Usulkan Penambahan Dokter Umum Kepada Kemenkes

Ilustrasi Dokter-Mix and Match Studio-PEXELS--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus setiap tahunnya telah mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan melalui BKPSDM agar ada penambahan dokter untuk ditugaskan di Puskesmas. 

Ini menyusul belum ideal nya jumlah dokter yang bertugas di Puskesmas kabupaten Tanggamus. Dari 24 Puskesmas rata rata baru memiliki satu dokter umum

Tapi semua tergantung Pemerintah pusat dalam memberikan formasi pada rekrutmen CPNS setiap tahunnya, ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Bambang Sutejo ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA:Razia KTR, Pol-PP Lambar Temukan Asbak di Ruangan Kerja

"Jadi rencana kebutuhan tenaga dokter telah disampaikan kepada kementerian kesehatan melalui sistem aplikasi kebutuhan tenaga kesehatan SDMK, berkoordinasi dengan BKPSDM,” kata Bambang. 

"Mudah-mudahan jika nanti ada rekrutmen CPNS, formasinya sesuai dengan usulan rencana kebutuhan tenaga dokter yang telah disampaikan," imbuh Bambang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, jumlah dokter yang bertugas di puskesmas Kabupaten Tanggamus belum ideal. Dari 24 puskesmas, rata-rata baru memiliki satu dokter umum. 

BACA JUGA:Isu Mutasi, 21 Kakam Minta Radiyus Oktorisa Tetap Jadi Camat Gunung Labuhan

Terkait hal ini, masyarakat mengharapkan Pemkab Tanggamus melalui Dinas Kesehatan dapat terus mengusulkan penambahan tenaga dokter ke Kementerian Kesehatan. 

Seperti disampaikan Prasetya, salah seorang warga. Menurut dia, usulan penambahan tenaga dokter kepada pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) harus terus dilakukan. 

Sebab dengan hanya satu orang dokter umum yang bertugas di puskesmas, dikhawatirkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan kurang optimal. 

BACA JUGA:Pemprov Lampung Peringati Isra Mi'raj dan HUT Provinsi Lampung

Pasalnya, sambung Sari, warga lainnya, keberadaan dokter di puskesmas sangat penting. Terutama dalam diagnosis medis terhadap pasien yang berobat. 

Karena itu diharapkan Pemkab Tanggamus melalui Dinas Kesehatan dapat menambah tenaga dokter umum yang bertugas di puskesmas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: