Hasil Survei BI Lampung, IKK Januari 2023 Optimis Pada Level Positif

Hasil Survei BI Lampung, IKK Januari 2023 Optimis Pada Level Positif

BI Lampung--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Lampung (BI Lampung) menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) masih berada pada level optimis (>100) sebesar 133,92, lebih tinggi dibandingkan bulan Desember 2022 sebesar 122,92. 

"IKK Januari 2023 di Lampung yang tetap positif, sejalan dengan IKK Nasional pada Januari 2023 yang sebesar 123,0, atau tetap berada pada level optimis. Meningkatnya IKK Januari 2023 ditopang oleh meningkatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK)," kata Kepala BI Wilayah Lampung Budiyono dalam siaran persnya, Jumat (17/2).

IKE mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian saat ini tetap berada pada level optimis dan meningkat dari capaian bulan sebelumnya. 

BACA JUGA:Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Biha Tanam Pisang di Jalan Berlubang

BACA JUGA:Polsek Sumberjaya Ungkap Kabar Begal di Tegajul Hanya Rekayasa

"Hal ini tercermin dari IKE sebesar 123,33, meningkat dibandingkan bulan Desember 2022 sebesar 116,33. Peningkatan IKE didukung oleh optimisme konsumen terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja saat ini, dan tingkat konsumsi barang tahan lama (durable goods)," terangnya. 

Lanjutnya, pada Januari 2023, 40% responden menyatakan bahwa persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan 6 bulan yang lalu meningkat. Sejalan dengan hal tersebut, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. 

"Tercatat 37,5% responden yang mengkonsumsi durable goods saat ini meningkat, sementara 50% responden menyatakan relatif stabil. Sebanyak 40% responden menyatakan konsumsi durable goods yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode Januari 2023, terutama belanja furniture dan perabotan rumah tangga, sementara 28% responden lainnya memilih belanja elektronik," sambungnya.

BACA JUGA:PT BMM dan PT PLP Perbaiki Kerusakan Jalan Jend. Sudirman Way Kanan

BACA JUGA:Targetkan 1001 Anak, Baznas Pesbar Mulai Laksanakan Sunatan Massal

Sementara, IEK yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian 6 bulan ke depan yakni pada bulan Juli mendatang juga tetap berada pada level optimis dan meningkat jika dibandingkan dengan capaian Desember 2022. 

IEK pada Januari 2023 tercatat sebesar 144,50, lebih tinggi jika dibandingkan dengan 129,50 pada bulan Desember 2022. Sebanyak 54% responden memperkirakan penghasilan enam bulan mendatang lebih tinggi sementara 38,5% responden memprakirakan stabil. 

"Sebanyak 42% responden menyatakan pendapatan yang lebih tinggi pada enam bulan mendatang karena adanya kenaikan atau tambahan gaji, sementara 39% responden menyatakan akan ada kenaikan tambahan pendapatan di luar gaji. Masih positifnya keyakinan responden terhadap kondisi ekonomi kedepan didorong oleh optimisnya ekspektasi konsumen terhadap  tingkat penghasilan, kegiatan usaha, dan ketersediaan lapangan kerja. Hal ini dipengaruhi oleh dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: