Minta Ditutup, Masyarakat Way Jambu Akan Ngelurug ke Tambak Udang

Minta Ditutup, Masyarakat Way Jambu Akan Ngelurug ke Tambak Udang

Ilustrasi--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat di Pekon Way Jambu Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), rencananya akan menggelar aksi damai di lokasi tambak udang yang ada di Pekon setempat, Rabu (15/2)

Koordinator Lapangan (Korlap), Bangsawan Utomo, dikonfirmasi Selasa (14/2) mengatakan, rencana aksi damai di lokasi tambak udang Johan Farm di Pekon Way Jambu itu sudah sejak beberapa waktu lalu, tapi baru bisa dilaksanakan besok. 

Rencananya sekitar 150 warga yang akan turun untuk menggelar aksi damai ke lokasi tambak udang itu.

“Masyarakat menuntut agar lokasi tambak udang itu segera ditutup dan menghentikan segala aktifitas yang ada di lokasi tambak udang itu,” katanya.

BACA JUGA:Tahun Ini, Pemkab Lambar Anggarkan BPPM Rp2,824 Miliar

Dijelaskannya, tuntutan masyarakat itu karena lokasi tambak udang itu kerap menimbulkan polusi udara dan menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, masyarakat juga mengeluhkan pembuangan limbah tambak udang itu yang menuju ke laut. 

Salah satu dampaknya banyak nelayan atau masyarakat yang mengeluhkan saat mencari ikan di laut terutama dengan cara menggunakan jaring ikan dan menyelam itu sering mengalami gatal-gatal pada bagian kulit.

“Sebelumnya, tidak pernah terjadi ada masyarakat ataupun nelayan yang mengalami gatal-gatal saat mencari ikan di wilayah ini, namun sejak adanya tambak udang itu masyarakat banyak yang mengeluhkan karena mengalami gatal-gatal,” jelasnya.

Masih kata dia, selama adanya tambak udang tersebut hingga kini belum memberikan manfaat bagi Pekon. Begitu juga dengan persoalan lainnya yang dikeluhkan masyarakat setempat. 

BACA JUGA:Puskesmas Gencarkan Pembinaan EPP Tingkat Kabupaten Pekon Srimenanti

Untuk itu, dalam aksi damai nanti masyarakat hanya meminta agar lokasi tambak udang tersebut ditutup, termasuk semua aktifitas di lokasi itu pun dihentikan.

“Jika dalam aksi damai itu tidak diindahkan oleh pihak tambak udang, tentu masyarakat juga tetap akan kembali menggelar aksi ke lokasi tambak udang tersebut, karena masyarakat juga datang secara baik-baik,” tegasnya.

Peratin Way Jambu, Evan Rosiawan, membenarkan ada rencana aksi damai yang akan dilaksanakan oleh masyarakat Pekon Way Jambu ke lokasi tambak udang di Pekon ini besok. 

Pihaknya juga telah mendapat tembusan dari masyarakat mengenai rencana tersebut. Ada beberapa poin tuntutan masyarakat terkait lokasi tambak udang tersebut, salah satunya berkaitan dengan limbah tambak udang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: