Kemensos Salurkan Bantuan Lansia, Penyandang Disabilitas Hingga Modal Usaha untuk Kelompok Rentan

Kemensos Salurkan Bantuan Lansia, Penyandang Disabilitas Hingga Modal Usaha untuk Kelompok Rentan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI melakukan pendistribusian kepada 155 orang penerima bantuan atensi yang berasal dari Kecamatan Balikbukit dan Batubrak, Lampung Barat, yang dipusatkan di kantor Dinas Sosial (Dinsos) setempat Selasa (14/2/2023).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lampung Barat Jaimin, didampingi Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial Fathan mengungkapkan, sebanyak 155 penerima tersebut tersebar di dua kecamatan yakni Balikbukit dan Batubrak, dengan rincian sebanyak 38 orang anak, 39 kelompok rentan, 57 lanjut usia dan 21 penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Sempat Menyerang Seorang Anak, Seekor Siamang Kembali Dilepas ke Alam Liar

Bantuan yang diberikan, kata dia, yakni berupa kursi roda 3in1 berikut sembako dan tambahan nutrisi, modal usaha buket bunga, modal usaha kerajinan tangan (handycraft), modal usaha pembuatan keripik, modal usaha penjual kue basah, modal usaha warung manisan, modal usaha warung sembako, tongkat 3 kait berikut sembako dan tambahan nutrisi.

"Untuk penerima dikumpulkan di kantor Dinsos terkecuali untuk penyandang disabilitas diwakilkan oleh pihak keluarga, penyaluran dilakukan langsung oleh tim dari Kemensos," ungkap Jaimin.

BACA JUGA:Hadiah Kode Redeem FF Hari Ini Selasa 14 Februari 2023, Skuy Gas 100 Diamond Gratis Menantimu

Bantuan-bantuan tersebut, kata dia,  berawal dari usulan yang disampaikan pihaknya kepada Kemensos RI, selanjutnya tim dari Kemensos turun langsung untuk melakukan verifikasi di lapangan, kemudian baru bulan Februari ini direalisasikan.

"Jadi untuk tahap pertama ini baru Kecamatan Balikbukit dan sebagian dari Kecamatan Batubrak, dalam beberapa bulan kedepan semoga untuk kecamatan lainnya bisa direalisasikan juga," kata dia menambahkan.

BACA JUGA:KPU Bandar Lampung Tunjuk Direktur Radar Lampung Hi. Purna Wirawan sebagai Opinion Leader

Dengan bantuan-bantuan yang disalurkan oleh Kemensos tersebut, lanjut dia, pihaknya berharap bisa membantu masyarakat dalam hal ini kelompok rentan dalam rangka meningkatkan usahanya, kemudian membantu disabilitas maupun Lansia yang selama ini mungkin terkendala karena tidak memiliki kursi roda atau tongkat.

"Bagi masyarakat yang mungkin ingin mendapatkan bantuan serupa bisa menyampaikan usulan yang diketahui aparatur pemerintahan Pekon setempat, untuk kemudian disampaikan ke Dinsos dan akan kami usulkan juga sebagaimana yang kami usulkan tahun 2022 lalu yang saat ini direalisasikan oleh Kemensos," imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: