Masih Banyak BUMDes Belum Berikan Manfaat ke Pekon

Masih Banyak BUMDes Belum Berikan Manfaat ke Pekon

Ilustrasi BUMDes--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini belum memberikan dampak bagi pekon terutama dalam menyumbang pendapatan pekon.

Kabid Pengembangan Partisipasi Masyarakat dan Usaha Ekonomi Pekon, Ikwan, mendampingi Plt. Kadis PMP setempat, Imam Habibudin, mengatakan hingga kini sebanyak 85 pekon telah memiliki BUMDes. 

BACA JUGA:Paripurna DPRD Lampung, Arinal Sampaikan 3 Raperda Prakarsa Pemprov

Tapi, dari jumlah itu lebih banyak yang tidak aktif daripada yang aktif.

“Sampai sekarang masih banyak BUMDes yang hanya ada namanya saja sedangkan kegiatannya tidak ada, sehingga belum memberikan manfaat bagi pekon,” kata dia.

BACA JUGA:Rangkaian Musrenbangcam 2024 Berakhir di Jatiagung

Dijelaskannya, ada beberapa faktor yang menyebabkan BUMDes di Kabupaten Pesbar tidak aktif, salah satunya BUMDes yang terdampak pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Sehingga kegiatan tidak bisa berjalan dengan maksimal.

“Ada juga kepengurusan BUMDes yang ikut berganti setelah ada pemilihan peratin beberapa waktu lalu. Sehingga kegiatan di BUMDes itu juga berpengaruh,” jelasnya

BACA JUGA:Jaga Kamtibmas Peratin Muarajaya ll Instruksikan Aparat Aktifkan Ronda Malam

Ditambahkannya, BUMDes merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan pada tahun ini. 

Hal itu berdasarkan program prioritas penggunaan dana desa (DD) yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

BACA JUGA:Diskoperindag Lambar Tera Ulang Pertashop di Puncak dan Tigajaya

“Untuk memaksimalkan keberadaan BUMDes itu, pihaknya akan berkirim surat ke seluruh camat agar seluruh peratin dapat mengaktifkan BUMDes masing-masing sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan dan memanfaatkan potensi yang ada untuk dikembangkan melalui BUMDes itu,” terangnya.

Menurutnya, saat ini masih ada 31 pekon lagi yang belum memiliki BUMDes, pihaknya akan mendorong 31 pekon itu agar segera membentuk BUMDes di pekon masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: