PMI Lambar Targetkan Miliki Unit Donor Darah

PMI Lambar Targetkan Miliki Unit Donor Darah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat Edi Novial, S.Kom., menargetkan pihaknya mendirikan Unit Donor Darah (UDD) di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Menurut Edi Novial, dalam rangka mensukseskan target tersebut, pihaknya sudah melakukan komunikasi yang intensif dengan PMI Provinsi dan menurutnya respon dari Propinsi bagus dan mendukung berdirinya UDD PMI Lampung Barat.

"UDD ini sangat mendukung komitmen Kabupaten Tangguh Bencana di Lampung Barat, juga kita ketahui bahwa Lampung Barat adalah juga salah satu kabupaten yang rawan bencana, ada bencana gempa bumi, tanah longsor, banjir dan lain lain," ungkap Edi Novial, dalam Muker PMI se-Provinsi Lampung di Emersia Hotel yang didampingi Sekretaris PMI Vicky Andreas Fiqrulloh dan pengurus PMI Bidang Penanggulangan Bencana Duta Suhanda, Senin (13/2/2023).

BACA JUGA:Telan Anggaran Rp440 Juta, Wastafel Jadi Aset Mubazir

Ia melanjutkan, pelayanan UDD ini sangat dibutuhkan sebagai Unit yang akan menjadi jawaban ketika Kabupaten ini membutuhkan segera persediaan kantong darah di PMI.

"PMI Lampung Barat selama tahun 2022 telah melaksanakan program program bergerak di bidang sosial kemanusian yaitu Pengembangan SDM, Pelayanan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana," ujarnya.

Lebih lanjut Edi Novial menjelaskan bahwa untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pembinaan PMI Kecamatan kemudian pembentukan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di 131 pekon dan 5 kelurahan se Lampung Barat dan Diklat PMR Tingkat Wira dan Madya. 

BACA JUGA:Musran NU ke I, Ust Andi Susanto dan Ust Suherman Terpilih Sebagai Ketua Tanfidziyah

Selanjutnya untuk Program Pelayanan Kesehatan kegiatan yang dilaksanakan adalah pos pelayanan Idul Fitri dan Natal (Nataru) serta Penanganan Stunting, Donor darah dan pemeriksaan golongan darah. 

"Untuk Penanggulangan Bencana program PMI Lambar adalah distribusi bantuan bencana dan Orientasi Sibat," pungkas Edi Novial. 

Musyawarah Kerja PMI Provinsi Lampung tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto sekaligus membuka Kick Off JUMBARA Palang Merah Remaja Tingkat Nasional IX Tahun 2023.

BACA JUGA:Hadiah Kode Redeem FF Hari Ini Senin 13 Februari 2023, Wow 300 Diamond Gratis Menantimu

Agenda musyawarah kerja PMI Provinsi Lampung, bertujuan sebagai refleksi kinerja dan mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya sekaligus menjadi wadah untuk membahas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan.

Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Mukerprov dan dukungan kerjasama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: