RSUD Alimuddin Umar Studi Banding Penyusunan RBA BLUD di RSUD Abdul Moeloek

RSUD Alimuddin Umar Studi Banding Penyusunan RBA BLUD di RSUD Abdul Moeloek

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar Lampung Barat melakukan studi banding  ke RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Bandar Lampung, tentang penyusunan rencana bisnis anggaran (RBA) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Selasa (31/1/2023).

Kunjungan pihak RSUD Alimuddin Umar ke rumah sakit plat merah terbesar di Provinsi Lampung tersebut dipimpin langsung oleh Direktur dr. Iman Hendarman, Sp.A., M.Kes., didampingi Kabag Tata Usaha (TU) Agus Darma Putra, S.Si., M.Si., dan sejumlah pejabat lainnya, dan diterima langsung oleh Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Abdul Moeloek dr. Elitha M Utari, MAR., dan jajaran.

Direktur RSUD Alimuddin Umar Iman Hendarman mengungkapkan, beberapa materi yang menjadi pembahasan dalam studi banding tersebut yakni terkait pola pengelolaan keuangan BLUD, Rencana Strategis Bisnis (RSB), Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA), yang dipaparkan langsung Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Abdul Moeloek Elitha M Utari.

BACA JUGA:Mat Patoni Apresiasi Peran Mahasiswa KKN Unila di Kecamatan Pagardewa

BACA JUGA:Roys Mahkota

Kemudian materi selanjutnya terkait RSB dipaparkan oleh dr. Nina Virginawati, M HSN, selanjutnya alur pencairan anggaran guna pengendalian belanja pada BLUD dipaparkan Nanny Ricardini N, SE, M.Kes. Kemudian materi RBA juga dipaparkan oleh Zaini SKM, MM., dan terakhir materi terkait laporan keuangan dipaparkan oleh Selamet Bambang Widoyono, SE, M.Kes.

"Dipilihnya RSUD Abdul Moeloek sebagai rumah sakit tujuan studi banding itu selain karena menjadi rumah sakit pemerintah, juga dengan tipe A tentunya berdasarkan kompleksitas lebih besar dan lebih rinci, yang pada intinya menjadi rujukan bagi kami dalam pengelolaan BLUD, baik dalam perencanaan hingga masalah pelaporan," ungkap Iman Hendarman.

BACA JUGA:Resmikan Gedung Mapolres Pringsewu, Kapolda Lampung : Optimalkan Pelayanan Masyarakat

BACA JUGA:Hadiah Kode Redeem FF Hari Ini Selasa 31 Januari 2023, Segera Klaim 250 Diamond Free Fire Gratis Buat Survivor

Sejumlah materi yang disampaikan oleh para narasumber dalam studi banding tersebut, kata dia, menjadi bahan evaluasi bagi pihaknya untuk kemudian kedepan akan ditindaklanjuti, guna lebih baiknya pengelolaan keuangan BLUD di rumah sakit kebanggaan masyarakat Lampung Barat yang dipimpinnya tersebut.

“Kami berterimakasih kepada pihak RSUD Abdul Moeloek yang telah bersedia menerima kami serta berbagi ilmu mengenai RBA BLUD, tentunya apa yang disampaikan oleh pemateri akan kami tindaklanjuti, untuk kemudian kami terapkan," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: