Festival Sekala Bekhak Kembali Masuk KEN, Satu dari 110 dalam CoE Indonesia

Festival Sekala Bekhak Kembali Masuk KEN, Satu dari 110 dalam CoE Indonesia

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Kabupaten Lampung Barat perlu berbangga. Sebab  Festival Budaya Sekala Bekhak yang menjadi event tahunan bumi beguai jejama sai betik tersebut, kembali terpilih dan masuk menjadi salah satu dari 110 event yang dipilih dan ditetapkan dalam Calender of Event Nasional (CoE) pada program Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Masuknya Festival Sekala Bekhak pada program KEN 2023 tersebut bukan perkara mudah, Pemkab Lampung Barat harus mengikuti sejumlah tahapan hingga akhirnya mampu menyisihkan ribuan event di Nusantara.

Launching Karisma Event Nusantara 2023 dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah pada Sabtu (28/1/2023) oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dihadiri oleh Menkomarvest LBP, Mendagri Tito Karnavian, Menpora RI dan Budayawan, Seniman Nasional serta Para Pejabat Ess I dan III Kemenparekraf RI.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat  Drs. Dahlin, M.Pd., didampingi Kepala Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Endang Guntoro, SH., mengungkapkan, proses untuk masuk dalam kalender event nasional cukup panjang.

BACA JUGA:Yourway Myway

Dimulai pada bulan Oktober 2022 dengan proses awal memasukkan berkas administrasi yang berisi profil event dan content-content sajian yang akan digelar serta dokumentasi berupa foto dan video serta testimoni-testimoni dari pengunjung-pengunjung festival pada gelaran festival budaya sekala bekhak sebelumnya.

Kemudian pada tahap kedua dilakukan seleksi berkas untuk dipilih 150 besar festival dari seluruh nusantara dan dari kab/kota se-provinsi Lampung hanya ada! iga festival yang lolos di tahap dua, yaitu Fest Krakatau Prov Lampung, Tubaba Art Festival dan Fest Budaya Sekala Bekhak.

"Selanjutnya tahap tiga dilakukan pemaparan akhir didepan enam orang  Dewan Kurator yang terdiri dari Unsur Seniman, Budayawan, Akademisi, Media, Penyelenggara Event dan dari unsur Kemenparekraf sendiri, paparan dari event Fest Budaya Sekala Bekhak diwakili oleh Endang Guntoro Canggu (Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekraf Disporapar Lambar)," bebernya.

Selanjutnya, pada launching sekaligus pengumuman KEN 2023 hanya Fest Budaya Sekala Bekhak Lampung Barat dan Tubaba Art Festival Tulang Bawang Barat yang masuk perwakilan dari Prov Lampung.

BACA JUGA:Hujan Deras, Dua Pekon di Kecamatan Ngaras Dilanda Banjir

"Untuk masuk dalam program KEN, kriteria utama adalah gelaran festival harus berkelanjutan dan tidak terputus, harus konsisten dilaksanakan serta bisa menyajikan festival yang berbeda dengan festival lain di nusantara, kita mengangkat kearifan budaya lokal, dengan tema 'SEKURA, The Mask of Nation'," ujarnya 

Seperti diketahui, sambung dia, bahwa sekura dengan khasnya merupakan budaya di sekala bekhak yang masih lestari hingga saat ini dan hanya satu-satunya pesta budaya topeng (sekura) di dunia, selain itu content Budaya Lokal seperti orkes gambus dan nyambai menjadi sebuah sajian yang unik dan berkesan dalam event ini.

"Pada festival budaya sekala bekhak 2022 kita mulai memberi ruang besar kepada para pelaku ekraf dan UMKM, demikian juga pada festival budaya sekala bekhak 2023 akan diberikan ruang besar bagi pelaku Ekraf dan UMKM karena kami meyakini keterlibatan para pelaku Ekraf dan para penggiat UMKM akan menjadi pendongkrak pemulihan ekonomi pasca terpuruk akibat wabah pandemi covid-19," kata dia.

Pihaknya juga mengharapkan keterlibatan para agen-agen travel untuk bisa membuat paket- paket wisata yang terintegrasi dengan event festival ini, keterlibatan unsur akademi akan berpengaruh besar untuk menjadi agen pemasar dan agen travel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: