12 Peserta Calon Petugas Haji Ikuti Seleksi CAT

12 Peserta Calon Petugas Haji Ikuti Seleksi CAT

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Lampung Barat melakukan seleksi Computer Assisted Test (CAT) untuk calon petugas haji PPIH Kloter/PPIH Arab Saudi Tahun 1444 Hijriyah yang diikuti sebanyak 12 peserta di Aula Kantor Kemenag, Rabu (25/1/2023).

Di kesempatan itu, Kepala Kankemenag Drs. Hi Muhammad Yusuf, M. M.,Pd , memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta. 

BACA JUGA:Simpan Ganja, Dua Pria Asal Pagelaran dan Pringsewu Diamankan Polisi

Menurutnya, CAT memberikan peluang besar bagi siapapun untuk dapat lolos tanpa ada pemihakan. Hal itu disebabkan karena CAT sangat mengandalkan kemampuan diri sendiri. 

“Yang menentukan hasil kelulusan CAT ialah diri sendiri, bukan karena hal-hal lain. Dengan CAT ini maka setiap peserta bukan hanya harus paham tentang fiqih Haji, melainkan juga memahami teknologi,” ungkapnya.

BACA JUGA:Ditinggal Panen Buncis, Seorang Balita Ditemukan Tenggelam Dalam Kolam

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa rekrutmen petugas haji ini dilakukan secara berjenjang yang dimulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat provinsi. 

“Semoga kita diberikan kelancaran dalam pelaksanaan seleksi ini dan memperoleh hasil sert petugas yang terbaik untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi para jemaah haji tahun ini,” imbuhnya.

BACA JUGA:BUMDes Tekad Trimulyo Gelar Rapat LPJ Capaian Tahun 2022

Secara teknis, pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online agar lebih mudah dan transparan. Peserta mendaftar melalui Pusaka Super Apps Kementerian Agama pada menu Pendaftaran Petugas Haji.

“Pada tahun ini, Lampung Barat memperoleh dua formasi yaitu ketua kloter dan petugas pembimbing ibadah haji. Khusus untuk pembimbing ibadah haji, dipersyaratkan harus sudah berhaji dan memiliki sertifikat pembimbing manasik,” tandasnya. 

BACA JUGA:Tahun Ini, Lambar akan Dapat Bantuan Cabai untuk 20 Ha

Sementara itu, Kabid Haji pada Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. H. Nasir Alqowi menjelaskan tentang persyaratan calon petugas, baik untuk formasi PPIH Kloter maupun Arab Saudi, harus mampu mengoperasikan Microsoft Office serta Aplikasi Pelaporan PPIH berbasis Android atau iOS.

“Di tahun 2023, tidak ada lagi petugas yang gagap teknologi, karena semua pelayanan petugas haji akan dilaporkan secara digital. Seleksi petugas kloter dan PPIH Arab Saudi juga terbuka untuk umum dengan syarat yang telah ditentukan,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: