Cek Realisasi APBP Tahap 3, Tim Kecamatan Batuketulis Monev di Atarkuwau dan Sumberrejo

Cek Realisasi APBP Tahap 3, Tim Kecamatan Batuketulis Monev di Atarkuwau dan Sumberrejo

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Tim Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat bersama stakeholder terkait melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) meliputi Dana Desa dan alokasi dana desa (ADP) tahap III tahun anggaran 2022 yang diawali di Pekon Atarkuwau dan Sumberejo, Kamis (19/1/2023). 

Monev tersebut dipimpin oleh Camat Batuketulis Sri Handayani S.H, didampingi jajaran kepala seksi, pendamping desa, pendamping lokal desa serta dihadiri Peratin, LHP serta jajaran aparat pekon.

BACA JUGA:Musdesus 2023 Pekon Muarabaru Tetapkan Penerima BLT-DD 33 KPM

Camat Batuketulis Sri Handayani, menuturkan kegiatan monitoring dan evaluasi merupakan agenda rutin yang dilaksanakan untuk memantau progres penyerapan dana desa maupun alokasi dana pekon tahap akhir serta untuk memastikan seluruh kegiatan telah selesai.

”Monev ini untuk memastikan seluruh program kegiatan baik fisik maupun non fisik telah selesai dan sesuai spesifikasi, begitupun dengan kelengkapan administrasi sebagai laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran,” ujarnya.

BACA JUGA:Anggaran 2023 Menurun, Ini Program Prioritas Kelurahan Waymengaku

Dalam monev ini, terus Sri, tim mengecek secara seksama mulai dari administrasi hingga kegiatan fisik, dan menurutnya sejauh ini tidak ada temuan baik dalam pelaporan maupun fisik, karena seluruh kegiatan telah selesai dan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Dari hasil monev di Pekon Atarkuwau dan Sumberrejo seluruh kegiatan fisik maupun non fisik sudah terealisasi 100 persen dan kini telah dimanfaatkan masyarakat,” kata dia

BACA JUGA:Siswa Dilarang Bawa 'Lato-lato' ke Sekolah

Ia menambahkan bahwa monitoring dan evaluasi  dalam kegiatan ini pihaknya memberikan akses seluas-luas bagi perangkat pekon untuk berkoordinasi atau membahas hal-hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan di lapangan serta program kerja yang akan dilaksanakan kedepan.

Sekadar Diketahui,  secara teknis Monev APBP itu diawali dengan pertemuan di balai pekon bersama seluruh jajaran aparatur pekon, di sana dilangsungkan pembahasan seputar pelaksanaan program kegiatan dan pelaporan administrasi. Setelah itu kegiatan dilanjutkan pemantauan program fisik di lapangan.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: