Pemkab Pesbar Kembali Siapkan Usulan Pembangunan BTS

Pemkab Pesbar Kembali Siapkan Usulan Pembangunan BTS

Ilustrasi tower BTS-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), tahun ini kembali mengusulkan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) atau menara seluler ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kadiskominfotiksan Pesbar, Suryadi, S.Ip, mengatakan, berdasarkan usulan pembangunan BTS akan dilakukan di sejumlah wilayah di wilayah di kabupaten setempat yang masih kesulitan jaringan telekomunikasi.

“Hingga saat ini masih banyak daerah di Kabupaten Pesbar yang blank spot atau tidak ada jaringan telekomunikasi, karena itu diperlukan adanya pembangunan menara BTS tersebut,” kata dia.

Dijelaskannya, tahun ini pihaknya mengupayakan agar ada pemasangan menara BTS pada 13 titik blank spot yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat, hal itu agar jaringan komunikasi lebih baik.

BACA JUGA:Satker PJN Akan Perbaiki Jalan Rusak dan Longsoran

“Kami sedang mengupayakan, semoga tahun 2023 ini bisa terpasang kembali di 13 titik. Sehingga sinyal di pekon-pekon yang selama ini susah bisa mendapatkan jaringan telekomunikasi yang baik,” jelasnya.

Menurutnya, Kementerian Kominfo pada tahun 2019 lalu telah memberikan bantuan ke Kabupaten Pesbar tiga unit BTS atau menara seluler tambahan di wilayah terisolir yakni di Pekon Way Haru, Pekon Way Tiyas, dan Pekon Siring Gading Kecamatan Bangkunat.

“Sedangkan di tahun 2022, Kementerian Kominfo kembali memberikan bantuan yang sama ke Pemkab Pesbar dan telah terpasang empat unit BTS tambahan di wilayah terisolir yakni Pekon Bandar Dalam, Siring Gading, Way Tiyas, dan Way Haru, di Kecamatan Bangkunat,” terangnya.

Dikatakannya, pembangunan menara telekomunikasi dilakukan oleh pihak ketiga melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo. 

BACA JUGA:Ini Dia Formasi Yang Menjadi Prioritas Dalam Rekrutmen CPNS 2023

Penambahan pembangunan empat unit BTS dengan jaringan 4G di wilayah terisolir kini sudah selesai dan sudah Aktif Bahkan kini sudah bisa dinikmati ataupun dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

“Dalam waktu dekat ini kami berencana akan melakukan peresmian BTS di wilayah terisolir. Kalau tidak ada perubahan, rencananya akan diresmikan pada 17 Januari mendatang,” pungkasnya.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: