Transparansi Pengelolaan Anggaran, Pekon Sumberalam Gelar Paripurna LKPJ

Transparansi Pengelolaan Anggaran, Pekon Sumberalam Gelar Paripurna LKPJ

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selayaknya pemerintah kabupaten, Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat paripurna, Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2022. 

Kegiatan tersebut sekaligus penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) 2023 bersama Lembaga Himpun Pekon (LHP) bertempat di balai rakyat, Kamis (12/1).

Dalam rapat tersebut turut hadir utusan Camat Airhitam Bambang Hermanto, S.Pd, M.M., diwakili Kasi Pemerintahan Kecamatan Airhitam Habibbilah, S.Ip., Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, organisasi pekon dan pihak berkompeten pekon lainnya. 

Pada LKPJ tersebut secara rinci tim pekon sesuai dengan sub bidang memaparkan realisasi APBP 2022, baik yang bersifat administrasi, hingga kegiatan pembangunan fisik dan bantuan yang berhasil dikeluarkan melalui APBP. 

BACA JUGA:Dampak Terparah Sepanjang Sejarah, Petani KJA Lumbokseminung Merugi Hingga Rp1 Miliar

Dalam sambutannya, Husain berharap pekon tersebut dapat menjadi cikal bakal pekon dalam transparansi pengelolaan keuangan pekon.

Hal itu disebutkannya bukan saja upaya mencegah asumsi-asumsi miring terhadap pengelolaan anggaran sebagaimana dimaksud diatas. Seperti Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Pekon (ADP). 

Husain juga menyebutkan tahun 2022 ada kegiatan Pemilihan Peratin (Pilratin), dan dengan suksesnya pesta demokrasi pekon yang berlangsung sukses tidak lepas dari kinerja maupun sumbangsih semua pihak, 

Pada kesempatan itu Husain juga menyampaikan jika pagu Dana Desa (DD) tahun 2022 Pekon Sumberalam Rp714 juta dan penerimaan tunjangan kinerja Rp260 dengan total keseluruhan Rp974 juta, dimana untuk tunjangan kinerja sudah menjadi tahun ketiga berturut-turut.

BACA JUGA:DPO Curanmor Lihai, Akhirnya Tertangkap

Sementara Ketua LHP Kalimi memberikan apresiasi atas keterbukaan pemerintah pekon dalam pengelolaan anggaran yang bukan saja sebagai laporan kepada LHP untuk dikaji, melainkan juga sebagai bentuk transparansi publik dengan melibatkan masyarakat, organisasi dan pihak media pada LKPJ tersebut. 

Kalimi berpesan agar sinergitas yang terjalin supaya terus terjaga bukan hanya di era kepemimpinan peratin saat ini melainkan hingga masa depan. 

Pada kesempatan itu juga Pekon Sumberalam melaksanakan Musrenbang Tingkat pekon usulan 2023 realisasi 2024, dan pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) 2023. yang dibuka langsung Camat Bambang Hermanto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: