DTPH Lambar Targetkan 1.000 Hektar Sawah Ikut Asuransi

DTPH Lambar Targetkan 1.000 Hektar Sawah Ikut Asuransi

Kepala DTPH Lambar Ir. Nata Djudin Amran--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Lambar tahun ini menargetkan 1.000 hektar (Ha) lahan persawahan didaftarkan program asuransi usaha tani padi (AUTP). 

“Kita tahun ini kembali menargetkan 1.000 hektar lahan persawahan didaftarkan program AUTP,” kata Kepala DTPH Ir. Nata Djudin Amran, Senin (9/1/2023)

Menurut dia, adapun upaya yang dilakukan untuk mencapai target  program AUTP tersebut, yaitu akan dilaksanakan sosialisasi melalui petugas penyuluh lapangan (PPL)  agar petani mau ikut mendaftar asuransi.

Selama ini, lanjut dia,  pihaknya telah gencar melaksanakan sosialisasi program AUTP kepada Gapoktan dan Poktan untuk mengikuti program AUTP.

BACA JUGA:Pemilihan Ketua RT Sawah Lama Terindikasi Curang, Kandidat Merasa Dirugikan

“Kita sudah sering mengimbau kepada kelompok tani dan Gapoktan untuk untuk mendaftar asuransi  karena premi asuransi yang dibayar petani hanya sebesar Rp36 ribu/musim dengan ditambah subsidi pemerintah sebesar Rp144 ribu/musim tanam,” ucapnya.

Nata juga berharap setiap kelompok tani padi sawah yang sudah mendapat bantuan fasilitas dari pemerintah supaya ikut program AUTP, karena asuransi ini sangat membantu petani, jika halnya tanamannya diserang oleh hama penyakit dan terkena bencana alam dan serangan hama atau penyakit dengan tingkat kerusakan/kegagalan panen mencapai 75%.

“Kalau petani mengalami gagal panen akibat bencana alam dan serangan hama/penyakit, maka dana klaimnya mencapai Rp6 juta/Ha musim tanam, jadi program AUTP ini sangat membantu petani," tutup Nata.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: