Pemilihan Ketua RT Sawah Lama Terindikasi Curang, Kandidat Merasa Dirugikan

Pemilihan Ketua RT Sawah Lama Terindikasi Curang, Kandidat Merasa Dirugikan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Indikasi kecurangan terjadi pada pemilihan Ketua RT 06 Lingkungan 1 Kelurahan Sawahlama Kecamatan Tanjukarang Timur (TkT) Bandar Lampung. 

Dalam pemilihan yang digelar di salah satu rumah warga wilayah Jalan Yudistira pada 1 Januari 2023 tersebut, salah satu kandidat Kurnia Sari merasa dirugikan.

Kepada medialampung.co.id Kurnia Sari mengatakan, pihaknya mengetahui Daftar Pemilih Tetap (DPT) wilayah RT 06 Lingkungan 1 yang seharusnya ada 43 namun Panitia penyelenggara mencetak surat undangan untuk peserta pemilihan menjadi 46.

Kemudian dari hasil pemilihan masing-masing kandidat mendapatkan suara nomor urut 1. Riza berhasil mendapatkan 7 suara, 2. Kurnia Sari 15 suara 3. Sari 6 suara, kemudian sebagai pemenang Achmad Saifudin berhasil meraih 18 suara. Total keseluruhan menjadi 46 suara.

BACA JUGA:Investasi di Lambar Tembus Rp162,442 Miliar

Menurut Kurnia, dari jumlah tersebut dirinya merasa dirugikan. Sebab Aturan untuk bisa memilih RT warga harus memiliki Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga harus berdomisili di Sawahlama.

"Iya sebab apabila ber KTP Sawahlama namun bukan berdomisili disini, itu tidak boleh memilih, memang harus bener-bener tinggal di Lingkungan RT 06 Sawahlama," ujarnya. Minggu (8/1)

Sementara ada beberapa kecurangan yang dilakukan pihak penyelenggara seperti ada 2 orang yang ber-KTP Sawahlama tapi berdomisili di tempat lain bernama Bambang Sunarto dan Moeluk yang bernama bambang sunarto mendapatkan undangan untuk memilih satunya lagi Moeluk tidak dapat. 

"Na itu kenapa?" tegasnya.

BACA JUGA:Pemkab Lambar Jangan Terkesan Lindungi Koruptor

Lanjutnya lagi, ada dua warga yang ber KTP luar Kota Bandar Lampung namun ikut dalam pemilihan, keduanya yakni Dede dan Husein. 

Dede sudah kurang lebih 3 tahun berdomisili di RT 06 Sawahlama tetapi tidak dapat undangan untuk memilih.

Sementara Husen sama seperti Dede tapi dapat undangan dan diperbolehkan memilih.

Kurnia mengaku sebelumnya selaku Ketua RT Sawahlama adalah suaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: