Disiram Rp29 Miliar Lebih, Tiga Ruas Jalan di Lambar Tahun Ini Mulus

Disiram Rp29 Miliar Lebih, Tiga Ruas Jalan di Lambar Tahun Ini Mulus

Kabid Bina Marga DPUPR Lambar Robert Putra, S.T, M.T--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak tiga ruas jalan di Kabupaten Lampung Barat yang selama ini kondisinya mengalami kerusakan parah, akan ditangani oleh Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) setempat, dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp29 Miliar lebih.

Tiga ruas jalan tersebut yakni, ruas jalan Pagardewa-Lumbokseminung, Komplek Perumahan Pemda dan ruas jalan Sebarus-Padang Dalom. Pembangunannya bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

Kabid Bina Marga pada DPUPR Lambar Robert Putra, ST., mengungkapkan, alokasi DAK untuk penanganan tiga ruas jalan sebesar Rp29 Miliar lebih tersebut rinciannya yakni untuk penanganan ruas jalan Pagardewa-Lumbokseminung sebesar Rp19.110.204.000,- penanganan ruas jalan komplek perumahan Pemda dianggarkan Rp3,269.500.000, kemudian untuk ruas jalan Padang dlm Rp7.138.483.000.

"Penanganan yang akan dilakukan berupa rehabilitasi yang saat ini kondisinya mengalami kerusakan cukup parah," ungkap Robert mendampingi Kepala DPUPR Lambar Ir. Hi. Ansari, Kamis (5/1/2023).

BACA JUGA:Desa Gedung Agung Tetapkan 23 KPM BLT-DD TA 2023

Dijelaskan Robert, untuk penanganan ruas jalan Pagardewa-Lumbokseminung akan memprioritaskan pada titik-titik terparah, mengingat dengan anggaran yang ada tidak memungkinkan untuk penanganan secara keseluruhan.

"Penanganan yang akan dilakukan berupa overlay atau pengaspalan ulang, namun itu dibagi di beberapa segmen, mengingat untuk penanganan keseluruhannya itu membutuhkan anggaran sebesar Rp50 Miliar lebih," ujarnya.

Selanjutnya untuk penanganan ruas jalan komplek perumahan Pemda, akan dimulai dari jalur dua simpang hotel permata menuju perumahan Pemda hingga Kebun Raya Liwa (KRL). Kondisi ruas jalan tersebut saat ini juga banyak dikeluhkan karena mengalami kerusakan parah di beberapa titik.

"Penangananya sama yakni overlay, namun dengan anggaran yang tersedia penanganan tidak bisa dilakukan secara menyeluruh sepanjang ruas jalan tersebut, karena itu jalur dua jadi kemungkinan akan dilakukan penanganan sebelah-sebelah," bebernya.

BACA JUGA:Lolos Seleksi Administrasi, 1.301 Calon PPS di Lambar Jalani Test Tertulis Besok

Sementara untuk penanganan ruas jalan Sebarus-Padang Dalom merupakan penanganan lanjutan, yang ditargetkan penanganannya secara keseluruhan tuntas tahun ini sehingga kondisi jalan akan mulus dan nyaman bagi masyarakat.

"Untuk pelaksanaan penanganannya diperkirakan akan dimulai pertengahan tahun mendatang," pungkas Robert. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: