Awal Tahun, Disdukcapil Lambar Miliki Stok 664 Blanko e-KTP

Awal Tahun, Disdukcapil Lambar Miliki Stok 664 Blanko e-KTP

Kabid PIAK Disdukcapil Lambar Burwati--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Stok Blanko kartu tanda kependudukan elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) hingga hari ini, Rabu (4/1/2022) masih ada sebanyak 664 keping.

“Per hari ini stok Blanko e-KTP masih ada sebanyak 664 dan jika permintaan masyarakat untuk pembuatan e-KTP meningkat maka stok tersebut diperkirakan akan habis sampai akhir bulan Januari ini,” Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Burwati mendampingi Kepala Disdukcapil Ruspan Anwar, Rabu (4/1/2022)

Bagi masyarakat yang telah melakukan perekaman E-KTP tapi belum mendapatkan kartu secara fisik, Burwati mengatakan tidak perlu khawatir. 

Pemerintah akan memberikan Surat Keterangan Pengganti E-KTP dan/atau menerbitkan identitas kependudukan digital (IKD). 

BACA JUGA:Ratusan Petani Kembali Gelar Aksi Tolak Sewa Lahan Kota Baru

“Bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman data segera datang ke loket layanan di kantor camat untuk melakukan perekaman dan pendaftaran E-KTP,” katanya

Lanjut dia, penerbitan IKD dilakukan berdasarkan Permendagri No 72/2022, Permendagri tersebut membahas tentang standar dan spesifikasi perangkat keras perangkat lunak dan blanko kartu tanda kependudukan elektronik serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital.  

Kemudian menindaklanjuti surat edaran Dirjen Dukcapil Kemendagri No 471.13/17740/Dukcapil tentang pemberitahuan stok Blanko KTP Elektronik. 

”Sehingga bagi masyarakat yang memiliki handphone android dapat diterbitkan identitas kependudukan digital. Sedangkan bagi masyarakat yang tidak memiliki handphone android akan dibuatkan surat keterangan pengganti sementara e-KTP,” akunya.

BACA JUGA:Ketua KPU Lamtim Lantik Anggota PPK

Lanjut dia, dengan IKD akan lebih simple, pembuatan lebih cepat, tidak lagi menggunakan blanko, tidak perlu membawa fisik nya dalam dompet dan cukup menggunakan gadget. 

”Masyarakat tidak perlu lagi bawa fotocopy KTP ketika ingin mengakses layanan publik, lebih aman dari pemalsuan data penduduk dan tidak ada lagi masalah e-KTP hilang, karena semuanya sudah dimudahkan,” pungkasnya.

Seraya menambahkan, selama tahun 2022, pihaknya telah mencetak sebanyak 23.079 e-KTP milik warga yang tersebar di 15 kecamatan di Lampung Barat.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: