Hingga Hari Terakhir, Total 1.240 Pelamar Calon PPS

Hingga Hari Terakhir, Total 1.240 Pelamar Calon PPS

Pemilu 2024--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hingga hari terakhir perpanjangan pembukaan pendaftaran seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mencapai 1.240 orang pelamar yang tersebar di 116 Pekon dan Dua Kelurahan di 11 Kecamatan.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesbar, Zairi Opani, S.E., mengatakan, hingga batas akhir jadwal perpanjangan pembukaan pendaftaran calon anggota PPS, Senin (2/1) kemarin, jumlah pelamar yang telah mengajukan berkas pendaftaran mencapai 1.240 pelamar. 

Jika melihat dari dua kali kebutuhan anggota PPS, di seluruh Pekon/Kelurahan sudah mencukupi.

“Semua berkas pendaftaran calon anggota PPS yang masuk ke KPU Pesbar itu akan dilakukan penelitian administrasi. Sehingga dari hasil penelitian administrasi itu, bagi pelamar yang lolos akan mengikuti tes tertulis,” kata Zairi, Selasa (3/1).

BACA JUGA:Rutan Krui Berikan Wejangan ke Seluruh WBP

Dijelaskannya, untuk jadwal pengumuman hasil penelitian administrasi tersebut yakni tanggal 6-8 Januari 2023. Sedangkan untuk seleksi tes tertulis dijadwalkan 9-14 Januari 2023. 

Namun, untuk di Kabupaten Pesbar ini dalam pelaksanaan seleksi tes tertulis akan dilaksanakan pada Senin (9/1) mendatang. 

Dalam pelaksanaan seleksi tes tertulis nanti tidak dilaksanakan secara online atau sistem Computer Assisted Test (CAT), melainkan secara manual.

“Mengingat jumlah peserta yang mendaftar calon anggota PPS itu juga ribuan. Sehingga tidak memungkinkan jika dilaksanakan secara online,” jelasnya.

BACA JUGA:Kenakan Pakaian Adat, Upacara Peringatan HAB ke-77 Kemenag di Pesbar Sukses

Koordinator Divisi SDM, Parmas dan Sosialisasi KPU Pesbar itu juga menyampaikan bahwa, sesuai petunjuk dari KPU RI dan juga KPU Provinsi untuk seleksi tertulis calon anggota PPS itu dilaksanakan secara manual. 

Sehingga nanti KPU Pesbar akan mendapatkan lembar soal seleksi tes tertulis calon anggota PPS itu dari KPU Provinsi. 

Pihaknya juga belum mengetahui terkait dengan jumlah soal, maupun jenis soal dalam seleksi tes tertulis nanti.

“Rencananya untuk pelaksanaan tes tertulis nanti akan dibagi menjadi lima titik sesuai dengan koordinator wilayah (korwil) Komisioner KPU Pesbar masing-masing, mulai dari Kecamatan Lemong hingga Kecamatan Bangkunat. Sementara itu, untuk pelaksanaan tes wawancara calon anggota PPS nanti dijadwalkan selama tiga hari mulai 18-20 Januari 2022,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: