Penyaluran BLT-DD Way Napal Rampung

Penyaluran BLT-DD Way Napal Rampung

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 di Pekon Way Napal Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kini telah rampung. 

Hal Itu setelah disalurkannya BLT-DD tahap IV untuk tiga bulan terakhir kepada 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di aula Balai Pekon setempat, Selasa (27/12).

Hadir dalam kesempatan itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Krui Selatan, Rifki Yuliansyah mewakili Camat Krui Selatan Suwarti, Peratin Way Napal, Chairul Anwar, Pendamping Desa Eka Chandra, Lembaga Himpun Pekon (LHP), Uspika, serta pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya Peratin Way Napal, Chairul Anwar, mengatakan bahwa penyaluran BLT-DD itu merupakan tahap terakhir yakni untuk bulan Oktober, November dan Desember tahun 2022. 

BACA JUGA:Pesisir Barat Miliki 65 Potensi Wisata

Sehingga, BLT yang diterima KPM masing-masing sebesar Rp900 ribu. Dengan telah direalisasikannya BLT-DD tahap akhir itu, maka penyaluran BLT-DD selama tahun 2022 telah selesai.

“Untuk penyaluran BLT-DD tahun 2022 kini sudah selesai dengan total 80 KPM, sedangkan dalam rencana BLT-DD tahun 2023 mendatang tetap ada, tapi jumlah KPM-nya berkurang,” katanya.

Ditambahkannya, pada tahun 2023 mendatang anggaran untuk BLT-DD itu maksimal hanya 25 persen dari pagu anggaran dana desa. 

Sehingga, untuk di Pekon Way Napal rencananya hanya bisa menganggarkan untuk 18 KPM BLT melalui anggaran DD tahun 2023 itu. 

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Tunggu Keputusan Pusat

Tapi, hal itu masih akan dimusyawarahkan untuk dilakukan penetapan. Karena penerima BLT-DD tahun 2023 itu harus benar-benar sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

“Kriteria KPM untuk BLT-DD tahun 2023 itu lebih spesifik, sehingga penerimanya harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan sesuai aturan yang berlaku, seperti kemiskinan ekstrim, memiliki riwayat penyakit menahun dan sebagainya,” jelasnya.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan KPM yang tahun 2022 itu mendapat BLT-DD, tapi di tahun 2023 mendatang ada yang tidak lagi mendapat BLT-DD itu agar dapat memakluminya. 

Serta tetap mendukung program kegiatan yang ada di Pekon setempat, karena itu untuk kemajuan bersama Pekon Way Napal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: