Kabupaten Pesbar Miliki 65 Potensi Wisata

Kabupaten Pesbar Miliki 65 Potensi Wisata

Pantai Labuhan Jukung Krui, salah satu ojek wisata di pesisir barat yang ikonik--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini mencatat sedikitnya terdapat 65 potensi wisata yang tersebar di 11 Kecamatan di Negeri Para Saibatin dan Ulama itu. Baik potensi wisata pantai, wisata alam, wisata religi, wisata sejarah dan sebagainya. 

Kabid Destinasi Pariwisata, Rully Hanafi, S.Kep, M.M., mendampingi Kadispar Kabupaten Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., mengatakan, hingga tahun 2022 di Kabupaten Pesbar tercatat sebanyak 65 potensi wisata, tersebar di Kecamatan Bangkunat 11 potensi wisata. 

Kemudian, Kecamatan Ngambur terdapat Lima potensi wisata, serta Pesisir Selatan delapan potensi wisata.

“Selain itu, Kecamatan Krui Selatan ada Lima potensi wisata. Lalu, Kecamatan Pesisir Tengah Enam potensi wisata, dan Way Krui Satu potensi wisata,” katanya, Selasa (27/12).

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Tunggu Keputusan Pusat

Sementara itu, kata dia, di Kecamatan Karyapenggawa terdapat Delapan potensi wisata, Pesisir Utara Tiga potensi wisata termasuk salah satunya potensi wisata sejarah. 

Sedangkan di Kecamatan Lemong terdapat Delapan potensi wisata, dan kecamatan Pulau Pisang Sembilan potensi wisata, rata-rata potensi yang ada merupakan potensi wisata pantai.

“Dalam pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Pesbar ini tetap akan dimaksimalkan oleh Pemkab Pesbar melalui Dispar dan stakeholder terkait lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam menghadapi libur sekolah dan tahun baru 2023, Dispar setempat merekomendasikan beberapa potensi wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh masyarakat, baik wisatawan yang berasal dari luar kabupaten, Provinsi, maupun mancanegara. 

BACA JUGA:Pupuk Bersubsidi di Lambar Terserap 96,93 Persen

Seperti di kawasan wisata pantai Labuhan Jukung merupakan wajah wisata Kabupaten Pesbar yang berada di Kecamatan Pesisir Tengah merupakan kawasan wisata favorit.

“Selain itu juga pantai Tanjungsetia Kecamatan Pesisir Selatan, wisata pantai Walur, dan Mandirisejati di Krui Selatan pun memiliki potensi wisata yang cukup bagus untuk dikunjungi,” ujarnya.

Kemudian, wisata pantai Tembakak di Kecamatan Karyapenggawa, serta wisata pantai di Kecamatan Pulau Pisang. Begitu juga dengan destinasi potensi wisata lainnya di Pesbar hingga kini tetap menjadi daerah tujuan utama para tamu wisatawan.

“Karena itu, diprediksi pada libur tahun baru, dan saat perayaan malam pergantian tahun nanti jumlah pengunjung di beberapa titik lokasi wisata di Kabupaten Pesbar ini akan meningkat,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: