Momen Hari Ibu, Puskesmas Deklarasi Gerakan Serentak Bumil Sehat

Momen Hari Ibu, Puskesmas Deklarasi Gerakan Serentak Bumil Sehat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bertepatan peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat melalui UPT Puskesmas secara serentak mendeklarasikan gerakan ibu hamil (bumil) sehat seperti di UPT Puskesmas Kenali Kecamatan Belalau, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan yang digelar sebagai upaya pencegahan serta percepatan penurunan stunting diikuti sejumlah lintas sektor terkait mulai unsur pimpinan kecamatan, TP-PKK serta sejumlah elemen masyarakat.

Kepala UPT Puskesmas Kenali Romaita, S.St., M.Kes., mengatakan, melalui deklarasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kesehatan ibu hamil. 

“Deklarasi ini bertujuan untuk mewujudkan ibu hamil yang sehat dan bahagia sehingga akan melahirkan generasi sehat dan cerdas,” ujarnya.

BACA JUGA:Wakil Mentan Lakukan Kunjungan Kerja ke Lamtim

Selain itu, agar para ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sebagai salah satu upaya penurunan angka kematian ibu dan pencegahan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan.

“Lewat kegiatan ini juga diharapkan akan semakin menguatkan pelayanan rutin serta meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kesehatan ibu hamil,” imbuhnya.

Di kesempatan itu, pihaknya turut menyampaikan materi yang kepada seluruh masyarakat, khususnya ibu hamil untuk memberikan dukungan dan motivasi ibu hamil tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan minimal enam kali, konsumsi tablet tambah darah setiap hari selama masa kehamilan, penuhi gizi seimbang, mengikuti kelas ibu hamil dan melakukan persalinan di fasilitas Pelayanan Kesehatan.

“Terakhir dalam kegiatan deklarasi ibu hamil ini juga ditandai talkshow ibu hamil sehat dan bahagia yang ditandatangani Bersama mulai dari peserta bumi. Uspika, TP PKK maupun bidan desa,” imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: