Jelang Nataru, Pemprov Terapkan Strategi 4K Dalam Pengendalian Inflasi

Jelang Nataru, Pemprov Terapkan Strategi 4K Dalam Pengendalian Inflasi

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan menerapkan strategi 4K dalam pengendalian inflasi bersama Forkopimda Bupati dan Walikota,Tim Pengendalian inflasi Daerah (TPID) juga unsur terkait. 

Strategi 4K tersebut yaitu Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, serta Komunikasi yang Efektif. 

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, SH, M.Si, M.Kn, Ph.D., (Nunik) dalam High Level Meeting TPID Provinsi Lampung terkait Persiapan menghadapi Nataru di Bukit Randu, Rabu (21/12).

Nunik meminta untuk dilakukannya berbagai upaya yang diaplikasikan dalam bentuk seperti Operasi Pasar (OP) dan Gelar Pangan Murah, Kerjasama Antar Daerah, dan juga penyaluran Bantuan Sosial.  

BACA JUGA:Persoalan Jalan Rusak, Hampir Merata di Lampura

"Pemerintah Provinsi Lampung sendiri telah menyalurkan bantuan sosial dalam penanganan dampak kenaikan BBM sebesar Rp10,8 miliar yang diperuntukan untuk 14.417 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," jelasnya. 

Ia juga menekankan untuk kelancaran distribusi agar dapat memanfaatkan platform perdagangan digital. Kemudian mengajak untuk terus meningkatkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait agar pengiriman pasokan bahan pangan tidak terganggu.

"Termasuk penyaluran BBM dan LPG subsidi dan non-subsidi kepada masyarakat yang benar-benar tepat sasaran serta penanganan jalan dan pengendalian arus kendaraan," jelasnya. 

Nunik juga mengingatkan terhadap sektor transportasi untuk memastikan ketersediaan armada dan frekuensi penerbangan maupun penyeberangan yang cukup untuk mengantisipasi kenaikan permintaan di akhir tahun.

BACA JUGA:Polsek Sungkai Selatan Bekuk 1 Pelaku Perampasan HP Berhasil

"Lakukan juga koordinasi dan komunikasi yang baik oleh perangkat daerah serta lembaga terkait lainnya untuk terus memberikan informasi yang positif pada masyarakat," jelasnya. 

Pada kesempatan itu, dari lintas sektoral tersebut menyampaikan kesiapannya diantaranya dalam memastikan ketersediaan dan harga bahan pangan strategis serta pada sektor transportasi.

Kemudian, terkait ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG, kelancaran arus lalu lintas dan pengamanan lokasi-lokasi strategis seperti rumah ibadah dan wilayah pariwisata.

"Mari semua kita bekerja siap siaga menghadapi Nataru. Bersama lintas sektoral, kita pastikan Provinsi Lampung dalam posisi aman dan nyaman," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: