Penyaluran BLT-DD Pekon Balam Rampung

Penyaluran BLT-DD Pekon Balam Rampung

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pekon Balam, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Selasa (20/12), bertempat di aula Pekon setempat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap empat yang bersumber dari anggaran dana desa (DD) tahun 2023 kepada 81 keluarga penerima manfaat (KPM).

Hadir dalam kesempatan itu, Peratin Balam, Rizoni Aryen, Kasi PMP Kecamatan Pesisir Utara, Muproni, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping desa, hingga masyarakat sasaran yang ditetapkan sebagai penerima bantuan.

Peratin Balam Rizoni Aryen, mengatakan penyaluran BLT-DD untuk tahap ke-empat atau yang terakhir di tahun 2022 itu merupakan bantuan yang bersumber dari anggaran DD tahun 2022.

“Hari ini (kemarin-Red), Pemerintah Pekon Balam menyelesaikan penyaluran BLT-DD tahun 2022 yang menyasar 81 KPM yang ditetapkan sejak awal tahun 2022 lalu,” kata dia.

BACA JUGA:Pemkab Pesbar Gelar Rakor Persiapan Pengamanan Nataru

Dijelaskannya, dalam penyaluran bantuan tersebut masing-masing KPM menerima dana bantuan sebesar Rp300 ribu perbulan atau sebesar Rp3.600.000 selama satu tahun anggaran.

“Tahun ini kami menyiapkan anggaran hingga Rp291.600.000, untuk anggaran BLT-DD yang disalurkan kepada 81 KPM itu, sesuai dengan ketentuan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai dengan ketetapan dari pemerintah pusat, pemerintah pekon harus menyiapkan anggaran minimal 40 persen dari total pagu anggaran DD untuk BLT tersebut.

“Karena tahun ini anggaran untuk BLT-DD minimal 40 persen dari DD yang kita terima, maka jumlah KPM yang harus menerima bantuan tersebut cukup banyak dan anggaran yang harus dikeluarkan juga cukup besar,” terangnya.

BACA JUGA:Gubernur Dukung Pengembangan Komoditi Perkebunan di Tanggamus

 Pihaknya berharap kegiatan itu dapat bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi adanya program tersebut sebagai salah satu upaya dari pemerintah untuk pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Kita berharap penyaluran BLT ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sasaran, sehingga tujuan kegiatan itu bisa tercapai,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: