Nukman Ikuti Penilaian Penjabat Kepala Daerah

Nukman Ikuti Penilaian Penjabat Kepala Daerah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar) Drs. Nukman, M.M mengikuti penilaian penjabat kepala daerah triwulan I dan guna pemantapan pelaksanaan tugas-tugas penjabat kepala daerah yang dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara Zoom Meeting, di Ruang Rapat Sekincau, Selasa (20/12/2022).

Turut hadir mendampingi Nukman, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama, serta Kepala Perangkat Daerah

Acara tersebut juga diikuti 96 Penjabat dari berbagai Kabupaten di Indonesia.

Dalam arahannya Mendagri Tito Karnavian menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Mendagri untuk melakukan evaluasi kepada Penjabat Daerah sekaligus memberi arahan dan masukan terhadap penjabat yang telah dilantik. 

BACA JUGA:Lindungi Profesi Guru, PGRI dan Polres Pringsewu Tandatangani MoU

Karena menurut aturan yang berlaku di Indonesia, Penjabat menjabat selama satu tahun, namun kedepannya dapat diperpanjang dengan orang yang sama atau berbeda, dengan melewati proses setiap tiga bulan akan dilakukan evaluasi dan laporan kegiatan. 

"Penjabat harus menyampaikan laporan kegiatannya kepada Mendagri melalui gubernur," tegas Tito Karnavian. 

Tito berharap Penjabat Daerah yang telah dilantik dapat melakukan tugas dengan efektif sesuai dengan tupoksinya, bekerja lebih baik dari Kepala Daerah definitif. 

"Saya tidak mengatakan Kepala Daerah sebelumnya berprestasi buruk, namun Penjabat diharapkan dapat menunjukkan kinerja lebih baik lagi," harap Tito.

BACA JUGA:Satu Data Indonesia Maju

Pada kesempatan itu juga, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si menjelaskan aspek penilaian terhadap Penjabat Daerah. 

Kata dia, dalam penilaian terdapat tiga aspek yakni pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. 

"Dalam penilaian tidak hanya dilihat secara seremonial saja namun secara angka ril baik kualitas maupun kuantitas setiap pemaparan harus ada bukti pendukungnya," ujar dia

Lanjut Tomsi, dengan adanya penilaian tersebut diharapkan kedepannya Penjabat yang telah dilantik menunjukkan kinerja lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: