Satu Data Indonesia Maju

Satu Data Indonesia Maju

Achmad Slamet Subchan, Kepala Seksi Bank Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Liwa--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Data merupakan hal sangat penting di era sekarang ini. Semua hal berbasis Data, mulai dari layanan transportasi online, pengantaran makanan, kependudukan, dan semua hal yang kita lihat berhubungan dengan Data.  

Data merupakan tambang emas bagi siapa yang bisa mengelola dan mengolahnya. 

Layaknya tambang, data harus digali terlebih dahulu, diproses kemudian diolah dan akhirnya dapat menjadi informasi yang sangat berguna dan bermanfaat bagi pemiliknya. 

Keterkaitan antar data juga sangat penting, value atau nilainya akan bertambah ketika data tersebut terkoneksi dengan baik dengan data yang lain.

Salah satu masalah bangsa ini adalah data yang belum terorganisir dengan semestinya. 

Kenapa demikian, karena sampai saat ini data masih terpecah-pecah di masing-masing pengelola, data usang (not up to date), sampai dengan keamanan penyimpanannya yang dipertanyakan, sehingga ketika digunakan dalam pelaksanaan program pemerintah misalnya, akan sangat riskan dan nantinya menimbulkan permasalahan di kemudian hari. 

Duplikasi data dan keakuratan yang masih diragukan juga merupakan masalah yang kerap terjadi.

Badan Pusat Statistik selaku instansi yang mempunyai kompetensi, tanggung jawab dan wewenang untuk mengumpulkan, mengolah data secara nasional sedang mengupayakan integrasi data tersebut sebagaimana amanat Presiden dalam pidato RUU APBN TA 2023 tanggal 16 Agustus 2022 bahwa Reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerimaan melalui pembangunan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Regsosek merupakan upaya pemerintah mewujudkan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. Adapun pemanfaatan Regsosek ini yaitu:

1. Pelayanan Administrasi Kependudukan

2. Prioritas Penerima Bantuan/Program

3. Basis Data Perencanaan Inklusif dan Advokasi

4. Pengembangan UMKM

Tujuan dari Pendataan Awal Regsosek adalah untuk menyediakan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: