Pipa Saluran Air Bersih Pekon Gunung Ratu Kembali Dirusak Gajah

Pipa Saluran Air Bersih Pekon Gunung Ratu Kembali Dirusak Gajah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pipa saluran air bersih di Pekon Gunung Ratu Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS) Kabupaten Lampung Barat dirusak oleh kawanan gajah. Akibatnya, pendistribusian air bersih untuk masyarakat setempat kini terhambat.

Aparat pekon bersama dengan masyarakat melakukan gotong-royong melakukan perbaikan pipa saluran air bersih yang mengalami kerusakan dengan jumlah sekitar 50 batang, yang terdiri dari pipa ukuran 6 inci dan 4 inci, pada Senin (19/12/2022).

Kepala Pemangku Sidodadi Supri mendampingi Peratin Gunung Ratu Hilmansyah mengungkapkan, titik lokasi kerusakan pipa saluran air bersih tersebut berada di dalam hutan, Kalimendong Selatan. Kejadiannya pada Minggu malam (17/12/2022).

Saat kejadian sedang tidak ada masyarakat yang berjaga seperti biasa untuk blokade gajah, sehingga kawanan gajah yang berjumlah 18 ekor tersebut mendekati lokasi dan merupakan pipa saluran air bersih. Kejadian ini merupakan kejadian yang kedua, setelah pada bulan Juni lalu puluhan pipa juga dirusak gajah.

BACA JUGA:Ini Daftar Pekon-Kelurahan di Lambar Penerima Penghargaan Lunas PBB 2022

"Total pipa yang rusak itu sekitar 50-an batang atau sekitar 300 meter lebih. Sebagian pipa mengalami kerusakan parah dan tidak bisa lagi digunakan namun masih ada beberapa pipa yang masih bisa dimanfaatkan," ungkap Supri. 

Dengan terjadinya kerusakan tersebut, kata dia, maka saat ini pendistribusian air bersih ke masyarakat terhambat. Pihaknya bersama dengan masyarakat masih terus berupaya melakukan perbaikan, termasuk melakukan penggantian terhadap pipa yang tidak lagi bisa diperbaiki.

"Untuk pipa yang rusak dan tidak bisa dimanfaatkan lagi terpaksa diganti, kami terus berupaya melakukan perbaikan karena saluran air bersih yang berasal dari mata air pegunungan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat," kata Supri.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: