Bupati Tanggamus Hadiri Pemberian BLT BBM Untuk Nelayan

Bupati Tanggamus Hadiri Pemberian BLT BBM Untuk Nelayan

--

TANGGAMUS, MEDIA LAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Dewi Handajani Hadiri Kegiatan Pemberian Bantuan Sosial (BLTBBM) Kepada Masyarakat Nelayan, bertempat di Taman Wisata Muara Indah Kelurahan Baros Kecamatan Kotaagung Kamis 15 Desember 2022. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten III sekaligus Plt Kepala Dinas Perikanan Jhonsen Vanissa, Kepala Bappelitbang kabupaten Tanggamus Hendra Wijaya Mega, Kepala Dinas Kominfo Edi Narimo, Danpos Pol Airud Kota Agung, Danpos TNI AL Kota Agung, Kepala Bank Lampung Kabupaten Tanggamus, Camat Kota Agung Erlan Deni Saputra, Lurah Baros,Lurah Pasar Madang, Ketua HNSI Tanggamus, Kasi Datun Kejari Vita Hestiningrum, Kepala Kantor UPP Kelas III Kota Agung dan para peserta penerima bantuan.

Sekretaris Dinas Perikanan Rahman Husein dalam laporannya mengatakan, jumlah penerima manfaat bantuan sosial di BBM sebanyak 1.713 orang tersebar di 10 Kecamatan. 

Metode penyaluran pemerintah Kabupaten Tanggamus bekerjasama dengan Bank Lampung dalam hal penyerahan bantuan bagi para nelayan.

BACA JUGA:Arinal Serahkan Penghargaan Siddhakarya kepada Perusahaan di Lampung

Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan Saya ucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan yang telah melaksanakan penyaluran bantuan-bantuan ini suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat khususnya para nelayan.

Mengingat situasi perekonomian kita saat ini memang serba sulit harga BBM naik inflasi juga tinggi sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang beberapa tahun ini dialami bukan hanya Indonesia namun juga seluruh dunia.

Penyaluran bantuan ini diharapkan akan memberikan dampak positif berupa multiplayer efek bagi perekonomian dan sosial masyarakat, warga akan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, perputaran uang dan daya beli di tingkat masyarakat juga meningkat, angka inflasi dapat dihentikan, masyarakat menjadi lebih tenang menjelang hari raya Natal dan Tahun baru, sebutnya. 

Saya juga sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Bank Lampung yang telah bersedia bekerjasama dengan Pemkab Tanggamus dalam program penanganan dampak inflasi ini, Kabupaten Tanggamus dikenal dengan daerah yang memiliki potensi perikanan dan mempunyai perairan yang sangat melimpah baik yang terdapat di perairan laut maupun perairan darat.

BACA JUGA:Sekcam Airhitam Buka Jebol PM Adminduk di Pekon Sumberalam

Potensi yang saat ini masih dalam tahap pengembangan adalah wisata bahari yang merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat pesisir yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan dan keluarga. 

selain itu juga perairan laut di sepanjang pantai Kabupaten Tanggamus sangat cocok untuk pengembangan perikanan budidaya air payau. Besarnya potensi ini memerlukan penanganan dan pengolahan yang semaksimal mungkin sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Karena itu untuk memanfaatkan potensi yang cukup luas pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan memfasilitasi untuk mendukung program-program yang berbasis ekonomi kerakyatan di bidang kelautan dan perikanan.

Sehubungan adanya perubahan harga BBM beberapa waktu lalu pemerintah berupaya mengendalikan inflasi sebagai dampak yang ditimbulkan akibat perubahan harga BBM dengan mengeluarkan permen kau No.134/PMK/07/2002 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi Tahun anggaran 2022 dan surat Gubernur Lampung tanggal 2 September 2022, perihal rapat koordinasi tim pengendali inflasi daerah se Provinsi Lampung yang menyatakan bahwa pemerintah daerah wajib menganggarkan sebanyak 2% anggaran untuk penanganan dampak inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: