Anggota DPRD Pringsewu Sudiyono Pantau Pemilihan Kaling V Kelurahan Pringsewu Utara

Anggota DPRD Pringsewu Sudiyono Pantau Pemilihan Kaling V Kelurahan Pringsewu Utara

Ilustrasi-freepik.com-

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kelurahan Pringsewu Utara melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) menggelar pemilihan Kepala Lingkungan (Kaling) V untuk periode 3 tahun kedepan.

Pemilihan yang diikuti oleh 4 kandidat, yakni Winaryono, Sukirin, Karsiman dan Hendri Gunawan yang merupakan warga lingkungan setempat dilaksanakan di Rt. 05 Lingkungan V, Minggu (11/12/22).

Anggota DPRD Pringsewu dari Fraksi Gerindra Sudiyono nampak hadir dan ikut memantau jalannya proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Sudiyono mengatakan, kehadirannya untuk ikut menyaksikan proses demokrasi pada pemilihan Kaling ini agar berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Proses pemilu Kaling seperti ini bisa dijadikan barometer untuk kelurahan lain. Ada sisi edukasi bagi masyarakat dalam berdemokrasi, walaupun tidak ada regulasi yang spesifik terkait Pemilu Kepala Lingkungan ini,” ucapnya.

Tahapan pemilihan mengacu pada Peraturan Bupati No.8/2013, tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di Pekon dan Kelurahan. 

Pemilu ini memperebutkan 915 suara, yang merupakan jumlah kepala keluarga di 8 Rt pada lingkungan tersebut.

Hendri Purwanto selaku ketua panitia mengatakan, proses demokrasi tingkat RT yang saat ini sedang berjalan merupakan hasil kesepakatan dari rembuk para tokoh masyarakat yang difasilitasi oleh LPM untuk pemilihan Kepala Lingkungan.

“Hasil kesepakatan tersebut berjalan sejak tahun 2013 hingga saat ini, dan regulasinya mengacu pada Peraturan Bupati yang ada. Untuk anggaran pemilu Kaling ini murni swadaya dari masyarakat,” ungkapnya.

Hendri menambahkan, hak suara untuk masing-masing kepala keluarga hanya 1 orang, dan panitia menyediakan surat suara sesuai dengan jumlah KK yang ada. 

“Surat suara kami siapkan sesuai dengan jumlah Kepala Keluarga yang ada, dan mereka hanya punya hak 1 suara,” terangnya.

Hingga berakhirnya pemilihan pada pukul 13.00 WIB, surat suara yang sah berjumlah 723 lembar dari 915 surat suara. Pada akhir perhitungan suara Pemilihan Kepala lingkungan V Kelurahan Pringsewu Utara, Winaryono unggul dengan perolehan 344 suara, Sukirin 135, Karsiman 189 dan Hendri Gunawan 62 dari total suara sah 723 suara.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: