BPTP Lampung Gelar Bimtek Tata Kelola Air di Tanggamus

BPTP Lampung Gelar Bimtek Tata Kelola Air di Tanggamus

--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Dewi Handajani Menghadiri Sekaligus Membuka kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Air di Balai Pekon Sedayu Kecamatan Semaka. 

Kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Air tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung.

Hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kepala BPTP Lampung yang di wakili oleh Kasubag TU Arfi Irawati, Kepala Dinas KPTPH Kabupaten Tanggamus Catur Agus Dewanto, Kepala Bank Lampung KCP Kotaagung Feryansyah Kaizar, Camat Semaka Wiwin Triani, Uspika Kecamatan Semaka, Korluh BPP Kecamatan Semaka, Kepala Pekon Sedayu Sadi Fredianto dan Para Peserta Bimtek Tata Kelola Air.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dalam sambutan mengatakan, kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Air di harapkan bisa memaksimalkan lahan yang ada. 

BACA JUGA:Pemkab Lambar Usulkan UMK 2023 Sebesar Rp2.726.121,28

Dengan hasil yang betul betul maksimal berkali kali lipat dengan tata kelola air yang lebih baik dan ini yang harus kita terapkan, ujarnya. 

Kegiatan ini adalah kegiatan yang harus kita syukuri karena para petani di kabupaten Tanggamus khusus nya yang ada di wilayah semaka dan sekitarnya, mendapatkan kesempatan menambah wawasan dan pelatihan Bimbingan Teknis Tata Kelola Air 

Harapan Bupati, Kegiatan ini tidak cukup sampai di sini saja, ilmu yang di dapat hari ini bisa tularkan juga kepada kawan kawan para petani atau KWT. 

Sehingga ilmu ini akan bisa memberikan manfaat juga untuk masyarakat lainnya, dengan demikian insyaallah pertanian di kabupaten Tanggamus akan lebih dan maju lagi. 

BACA JUGA:Dorong Terwujudnya Poin Ketujuh Program PM, PAP Purawiwitan Dibelikan Alat Pendukung Pengajian

Lanjut bupati, Dalam kegiatan ini kita juga telah mendapatkan beberapa bantuan yang diberikan oleh Anggota DPR RI Bapak Sudin yaitu program P2R yang diberikan kepada beberapa KWT dan bantuan pupuk organik dan juga kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier kepada beberapa Poktan dan hari ini juga ada bantuan benih padi 2000 kilogram di kecamatan semaka dan wonosobo, serta juga dari pemerintah provinsi lampung juga memberikan bantuan benih padi varietas inpari 47 dan 48.

“Kabupaten Tanggamus pada tahun 2022 ini mendapatkan kesempatan masuk dalam 12 Nominator Innovative Government Award (IGA) dan salah satu yang kita angkat adalah pemanfaatan limbah yaitu dari buah buah dan sayur sayuran ini dapat di sanitasi sehingga dapat menjadi ekoenzim yang bermanfaat menyuburkan tanah dan menjadi pupuk organik buat para petani kita," tutup bupati.

Sementara, Kepala BPTP Lampung yang diwakili oleh Kasubag TU Arfi Irawati menyampaikan, Kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Air ini dilaksanakan di tiga kabupaten di provinsi lampung yaitu kegiatan pertama kita laksanakan di kabupaten pesawaran, kabupaten lampung selatan dan yang terakhir di kabupaten Tanggamus.

“Tujuan dari Bimbingan Teknis Tata Kelola Air ini adalah memaksimalkan potensi air terutama di kecamatan semaka khusus. sehingga air yang ada di setiap wilayah itu bisa dimaksimalkan dengan baik terutama sekali untuk yang pengelolaan airnya diarahkan ke lahan sawah untuk padi,” pungkasnya. (ehl/rls/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: