Pemerihan Gelar Penyusunan RKP Pekon Tahun 2023

Pemerihan Gelar Penyusunan RKP Pekon Tahun 2023

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Pemerihan Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pekon dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon tahun anggaran 2023. Kegiatan itu dipusatkan di aula Balai Pekon setempat, Kamis (1/12).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Camat Krui Selatan, Widodo, Peratin Pemerihan, Dahril, perwakilan dari Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Lembaga Himpunan Pekon (LHP), uspika Kecamatan, TP-PKK Pekon, tokoh masyarakat, tokoh agama, aparatur Pekon serta perwakilan masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Peratin Pemerihan, Dahril, mengatakan, penyusunan RKP Pekon merupakan penjabaran dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pekon yang memuat rencana strategis yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu satu tahun.

Untuk itu, dengan adanya RKP Pekon yang mengacu pada RPJM Pekon enam tahunan itu diharapkan dapat menjamin terjadinya kesinambungan pelaksanaan pembangunan Pekon.

BACA JUGA:Kejari Lambar Beri Penyuluhan Hukum di SMAN 1 Pesisir Selatan

“Karena itu, setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan Pekon tentunya memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah, dan pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Mengingat, lanjutnya, Pekon merupakan bagian dari sistem pembangunan nasional, sehingga dalam penyelenggaraan pembangunan Pekon. 

Pemerintah Pekon harus sinkron dengan penyelenggaraan pembangunan pemerintah, baik di Pemerintah Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat. 

Sementara itu, dalam musrenbang Pekon tentang penyusunan RKP Pekon yang dilaksanakan ini juga bertujuan sebagai dasar dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Pekon (APB Pekon) tahun anggaran 2023.

BACA JUGA:DPMP Lambar Gelar Pembinaan Pelaksanaan APBPekon

“Selain itu juga bertujuan sebagai acuan dalam menyusun rencana operasional dan pelaksanaan pembangunan Pekon dalam satu tahun, serta memastikan bahwa dana desa yang direncanakan dan digunakan bermanfaat untuk pembangunan Pekon, serta tujuan lainnya,” jelasnya.

Sedangkan, kata Dahril, dalam musyawarah penyusunan RKP Pekon tahun 2023 yang ada di Pekon Pemerihan juga ada beberapa program yang telah diprioritaskan bersama untuk dilaksanakan di tahun 2023 mendatang, yakni akan memprioritaskan pembangunan jalan pertanian dan pembagian bibit tanaman alpukat kepada masyarakat dan petani di Pekon setempat.

“Serta program lainnya. Meski begitu semua program yang diprioritaskan tersebut nantinya tetap akan dimusyawarahkan bersama. Mudah-mudahan tidak ada kendala, karena semua program itu untuk masyarakat,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: