LDII Pringsewu Lampung Gelar Pembekalan Moderasi

LDII Pringsewu Lampung Gelar Pembekalan Moderasi

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sikap Moderasi menjadi sangat penting di tengah kemajemukan serta keberagaman yang ada di tengah-tengah masyarakat untuk dapat hidup berdampingan dengan keharmonisan. 

Berangkat dari hal ini Lembaga dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Pringsewu Lampung membekali pengurus cabang LDII di wilayah Kecamatan Sukoharjo, Banyumas, Adiluwih, dan Pagelaran Utara dengan moderasi.

Sikap moderasi menurut ketua LDII Kabupaten Pringsewu Lampung Dian Arif Rahman MPd melalui wakil ketuanya Painto, agar keberagaman yang ada dapat memunculkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan beragama.

Sikap moderasi beragama yang bisa diterapkan di negara multikultural, diantaranya bisa dilakukan melalui menghormati pendapat orang lain; menghargai agama, suku, ras dan budaya lain; mengakui keberadaan orang lain; sikap toleransi serta tidak memaksa keinginan dengan cara kekerasan. 

BACA JUGA:SKCLB Galang Dana Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

"Kita boleh beda ormas, beda partai politik, bahkan beda agama. Tetapi perbedaan ini tidak boleh dipertentangkan dan tidak saling menyalahkan dan merasa benar sendiri," ungkapnya. 

Lanjutnya, Islam telah mengajarkan nilai-nilai moderat al-adl (keadilan), al-tawazun (keseimbangan), dan al-tasamuh (toleransi),

“Dengan demikian moderasi beragama dapat mewujudkan ketertiban dalam masyarakat beragama, melindungi hak-hak pemeluk agama dalam menjalankan kebebasan beragama, mewujudkan ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan keagamaan serta untuk mewujudkan kesejahteraan umat beragama," tandasnya.

Pembekalan materi moderasi beragama “Merajut Kebersamaan, Memperkokoh persaudaraan, Berbagi untuk meraih ridho ilahi” dengan jenis Kegiatan berupa Materi tentang Moderasi Beragama, juga diisi dengan Bakti sosial pembagian 72 paket sembako kepada kaum dhuafa di sekitar masjid binaan LDII. 

BACA JUGA:Ridwan Apresiasi Antusias Tinggi Peserta Munas I PJS

Sejak awal munculnya Covid-19, LDII konsisten memberi bantuan setiap kepada kaum dhuafa yang terdampak Secara ekonomi akibat Covid-19, baik warga LDII maupun masyarakat umum. 

Hal ini sebagai implementasi dakwah bil hal dilanjut dengan ramah Tamah berlangsung di halaman masjid Nurhasan pekon Adiluwih kecamatan Adiluwih. 

Adapun yang mewakili kepala Kemenag sebagai nara sumber yakni koordinator Kelompok Kerja penyuluh agama kemenag Pringsewu Junaidi Abbas.

Hadir ketua Dewan Penasehat DPD LDII Kabupaten Pringsewu, Camat Adiluwih, Kapospol Adiluwih, Danramil Sukoharjo, Kepala KUA Kecamatan Adiluwih, Ketua MUI Kecamatan Adiluwih, Kepala Pekon Adiluwih serta Tokoh agama, tokoh masyarakat, serta seluruh Undangan lainnya.

Sumber: