Penanganan Way Warkuk, DPUPR Lambar Usulkan Rp6 Miliar ke BBWS Sumatera VIII

Penanganan Way Warkuk, DPUPR Lambar Usulkan Rp6 Miliar ke BBWS Sumatera VIII

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Lampung Barat, mengusulkan penanganan Way Warkuk di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau, kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, pasca terjadinya banjir yang merendam puluhan rumah di wilayah itu beberapa waktu lalu.

Kabid Pengairan pada DPUPR Lambar Alex Wijaya, S.T., mengungkapkan, untuk penanganan Way Warkuk tersebut pihaknya mengusulkan alokasi dana sebesar Rp6 Miliar, berupa penanganan darurat sepanjang dua kilometer.

"Ada dua kilometer yang kami usulkan ke BBWS Sumatera VIII, penanganan berupa pemasangan Bronjong, Tanggul dan juga Normalisasi Sungai," ungkap Alex Wijaya mendampingi Kepala DPUPR Lambar Ir. Hi. Ansari, Kamis (24/11/2022).

Diusulkannya penanganan darurat Way Warkuk kepada BBWS Sumatera VIII, kata Alex, itu karena Way Warkuk masuk dalam wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) milik BBWS Sumatera VIII. Besaran anggaran yang diusulkan sebesar Rp6 Miliar.

BACA JUGA:Titah Raja

"Tim dari BBWS Sumatera VIII juga sudah melakukan peninjauan ke lapangan dan terkait dengan usulan kami sebesar Rp6 Miliar untuk penanganan Way Warkuk tersebut sudah diterima dan  kami masih menunggu jawaban dari usulan yang kami sampaikan tersebut, semoga tahun anggaran 2023 mendatang bisa direalisasikan," imbuhnya.

Seperti diberitakan, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu malam hingga dini hari Minggu (12-13/11/2022) menyebabkan Sungai (Way) Warkuk di Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau meluap.

Akibatnya puluhan rumah warga di Pemangku Negeriratu, Pekon Lom terendam banjir hingga mencapai sepinggang orang dewasa, tiga wilayah pemangku yang terdampak banjir luapan Way Uluhan dan Way Warkuk, ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa.

Air mulai masuk ke pemukiman warga pada Minggu Pagi (13/11) sekitar Pukul 04:00 WIB dengan ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa. (nop/mlo)

Sumber: