Wajib Tahu! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

Wajib Tahu! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

Ilustrasi-freepik.com-

 

5. Mengonsumsi Suplemen

Tidak hanya mengkonsumsi makanan bergizi, anda juga dapat memenuhi asupan kalsium dan vitamin D dengan mengkonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Suplemen tersebut juga baik dikonsumsi oleh wanita yang telah menopause, karena perubahan hormon pada masa tersebut bisa menyebabkan jaringan tulang menjadi lebih lemah.

Orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sebesar 1.000-1.200 miligram per hari, sedangkan asupan vitamin D sebanyak 15-20 mikrogram atau sekitar 600-800 IU per hari.

Untuk menentukan dosis suplemen kalsium dan vitamin D yang tepat, anda dapat berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

 

6. Menjaga Berat Badan

Berat badan ideal penting untuk tetap dijaga guna mempertahankan kekuatan dan kesehatan tulang. 

Beberapa studi menunjukan bahwa berat badan berlebihan (overweight), obesitas, atau justru kekurangan berat badan turut berperan dalam meningkatkan risiko terjadinya kerusakan dan cedera pada tulang.

Beberapa tips tersebut dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan pola hidup yang sehat merupakan kunci utama untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang hingga usia lanjut.

Dan apabila anda mengalami keluhan tertentu pada tulang misalnya tulang sering terasa nyeri, anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: