Way Semaka Meluap, Rumah dan Puluhan Hektare Sawah Terendam

Way Semaka Meluap, Rumah dan Puluhan Hektare Sawah Terendam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Meluapnya Way Semaka mengakibatkan bencana banjir yang terjadi di Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak dan Pekon Sukarame, Kecamatan Belalau, Minggu (13/11/2022).

Di Pekon Kerang, banjir terjadi di pemukiman warga di Pemangku l dan 3 dengan ketinggian air mencapai sekitar 30 sentimeter (cm). Sementara di Pekon Sukarame, banjir merendam puluhan hektare sawah milik warga setempat.

Peratin Kerang Mat Amin menerangkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait guna menyikapi banjir yang melanda wilayah setempat, pihaknya juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Hanya saja terkait banjir yang terjadi, Mat Amin menilai selain disebabkan oleh curah hujan yang tinggi faktor lain penyebab banjir di wilayah itu karena adanya pembangunan PLTM yang semakin mempersempit aliran sungai.

BACA JUGA:Rumah Warga di Kelurahan Pasar Kota Krui Terendam Banjir

"Karena setelah PLTM itu di bangun sudah empat kali terjadi banjir besar seperti ini, sehingga kami berharap ada evaluasi terhadap pembangunan PLTM itu agar tidak berdampak pada lingkungan," tegasnya.

Sementara itu, Peratin Sukarame Herwin menyampaikan bahwa terkait bencana banjir yang terjadi di wilayahnya, sempat ada dua yang terjebak banjir. 

Namun mini telah berhasil dievakuasi oleh tim gabungan dari BPBD, TNI Polri, pemerintah Kecamatan, petugas kesehatan serta masyarakat.

"Ya banjir merendam sejumlah areal persawahan, selain itu juga sempat ada yang terjebak banjir tapi alhamdulilah berhasil kita evakuasi bersama tim gabungan yaitu keluarga bapak Ismail dan istri serta keluarga bapak Amroni dan istri, kedua keluarga saat ini sudah berada di kediaman keluarga masing-masing," ujarnya

BACA JUGA:Longsor Timpa Rumah Warga, Dua Meninggal Dunia, Satu Masih Dalam Pencarian

Herwin menyampaikan bahwa kondisi kedua keluarga yang sempat terjebak tersebut saat ini dalam keadaan baik, sebab sempat dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan setempat sehingga dapat dipastikan kondisi fisik dan psikisnya dalam kondisi aman.

"Untuk semua pihak yang terlibat kami menyampaikan banyak terima kasih atas kerjasama yang terjalin cukup baik sehingga warga kami dapat dievaluasi dengan cepat dan berhasil dievakuasi dalam keadaan baik dan selamat," pungkasnya.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: