Realisasi Target PAD Dinas Perikanan Rendah

Realisasi Target PAD Dinas Perikanan Rendah

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Realisasi Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Barat masih rendah dimana baru mencapai 26,32 persen atau Rp24.977.000,- dari total target PAD tahun anggaran 2022 sebesar Rp94.900.000.

Kepala Dinas Perikanan Lambar Kamaluddin, ST., saat dikonfirmasi membenarkan terkait masih rendahnya realisasi PAD dinas yang dipimpinnya. 

Menurut dia, rendahnya realisasi PAD hingga bulan Oktober tersebut salah satunya dikarenakan penjualan benih ikan dari Balai Benih Ikan (BBI) yang dimiliki cukup rendah.

Untuk PAD dari retribusi penjualan produksi usaha daerah yang terdiri dari penjualan benih ikan itu ditargetkan sebesar Rp85.050.000,- dan hingga kini baru terealisasi sebesar Rp19.890.000,- artinya masih tersisa sebesar Rp64.160.000. 

BACA JUGA:Pastikan Penyaluran Cepat Tepat, Peratin Tanjungraya Dampingi Penyaluran BPNT

Tidak hanya itu, realisasi dari PAD retribusi perizinan tertentu yang ditargetkan sebesar Rp3.763.000,- dan retribusi izin usaha perikanan sebesar Rp3.763.00,- dan juga retribusi pemberian izin kegiatan usaha pembudidayaan ikan masih nihil.

"Rendahnya penjualan benih ikan menjadi penyebab target PAD Dinas Perikanan yang masih rendah dan dari total target PAD kami penjualan produksi usaha khususnya benih ikan itu yang paling tinggi," ungkap Kamaluddin.

Lebih lanjut Kamaluddin menjelaskan, rendahnya penjualan benih ikan pada BBI yang ada itu disebabkan karena telah banyaknya masyarakat yang telah melakukan pembenihan secara mandiri melalui kelompok pembenihan rakyat, sehingga ketergantungan terhadap benih dari BBI kini telah berkurang.

"Jadi masyarakat itu mulai berkurang yang membeli benih di BBI, mereka biasanya membeli dari kelompok atau masyarakat yang melakukan pembenihan dan juga ada yang sudah bisa melakukan pembenihan secara mandiri," kata dia.

BACA JUGA:Gedung Kantor UPT KRL Terancam Ambruk

Namun, Kamaluddin menegaskan, apapun alasannya target PAD pada akhir tahun mendatang akan tetap tercapai.

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pencapaian PAD dan harus tercapai di akhir tahun nanti," pungkasnya. (nop/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: