Hujan Deras, Jalan Lintas Liwa-Sukau Dilanda Longsor dan Pohon Tumbang

Hujan Deras, Jalan Lintas Liwa-Sukau Dilanda Longsor dan Pohon Tumbang

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur sebagai besar wilayah Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bencana longsor disertai pohon tumbang yang terjadi di jalan lintas Liwa-Sukau tepatnya wilayah Hamkatir, Pekon Bandarbaru, Kecamatan Sukau Senin (7/11/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Material longsor menutupi sebagian badan jalan, sementara pepohonan yang ikut terbawa longsor menutupi seluruh badan jalan. 

Meski sebelumnya sempat macet namun kini arus lalulintas sudah kembali lancar. Pengendara harus bergantian karena sebagian badan jalan masih tertutup material longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Priyo Utomo mengatakan bencana longsor dan pohon tumbang itu terjadi akibat tingginya curah hujan yang berlangsung sejak siang hingga sore hari. 

BACA JUGA:Kepsek SD/SMP Kebuntebu Rakor Persiapan HUT PGRI

“Setelah menerima laporan, Pusdalops penanggulangan bencana segera melakukan koordinasi dan mengerahkan Satgas TRC dan Satgas PB untuk melakukan penanganan kedaruratan berupa evakuasi material longsoran untuk membuka akses jalan agar dapat dilalui oleh kendaraan,” jelasnya

Selanjutnya, kata dia, sekitar pukul 16.00 WIB arus lalulintas sudah kembali lancar setelah ranting pepohonan berhasil dibersihkan. Namun pengendara diimbau tetap waspada karena jalan tersebut baru dapat diakses satu jalur.

“Lalulintas sudah lancar, namun pengendara masih harus bergantian karena sebagian badan jalan masih tertutup material longsor dan kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR agar dapat menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu Peratin Bandarbaru Nadirsyah Akmal yang juga turun ke lokasi mengatakan, longsor itu terjadi ditengah guyuran hujan deras sekitar pukul 16.00 WIB. Beruntung tidak ada pengendara yang melintas saat kejadian.

BACA JUGA:Puskesmas Sumberjaya Laksanakan BIAS

“Volume longsor tidak terlalu besar hanya menutupi separuh badan jalan, dan kami langsung berkoordinasi dengan Satgas PB dan masyarakat untuk dapat segera bergotong royong membersihkan longsor agar lalulintas tidak terganggu,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Sukau Andy Cahyadi, mengimbau warga khususnya pengendara agar berhati-hati di tengah cuaca ekstrim saat ini, mengingat keberadaan jalan provinsi di wilayah Kecamatan Sukau tepatnya di perbatasan Pekon Bandar Baru dan Pekon Buaynyerupa sebagian besar berada di bawah tebing yang rawan terjadi longsor.

“Pengendara harus selalu berhati-hati karena di beberapa titik jalan nasional ada berada dibawah tebing. Begitupun dengan warga yang bermukim di sekitar tebing juga harus waspada karena tingginya curah hujan saat ini rentan terjadi longsor," pesannya. (edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: