Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Forkopimda Pringsewu Gelar Apel Sinergitas

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Forkopimda Pringsewu Gelar Apel Sinergitas

Apel sinergitas melibatkan institusi, Pemerintah Daerah, DPRD, Kepolisian dan TNI di Kabupaten Pringsewu. - foto dok--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Forkopimda Pringsewu punya cara tersendiri untuk menjaga sinergitas sekaligus mengayomi masyarakat. Salah satunya dengan menggelar apel sinergitas yang melibatkan institusi, Pemerintah Daerah, DPRD, Kepolisian dan TNI di Kabupaten Pringsewu.

Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, Dandim 0424 Letkol Arm Micha Arruan, Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi beserta sejumlah pejabat pemerintah daerah terkait, pejabat utama kepolisian dan jajaran Kodim 0424 langsung hadir dalam apel yang digelar di Mapolres Pringsewu.

Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan apel sinergitas merupakan agenda rutin di Kabupaten Pringsewu yang dilaksanakan secara bergiliran, melibatkan jajaran pemerintah daerah, DPRD, TNI-Polri, Kejaksaan dan instansi terkait lainnya. 

"Situasi kamtibmas di Kabupaten Pringsewu cenderung kondusif, hal ini tentunya berkat sinergitas seluruh pihak, baik pemerintah daerah, TNI-Polri dan elemen masyarakat lainnya," ungkapnya. 

BACA JUGA:BRI Kembali Buka Program Management Trainee, BRILiaN Future Leader Program

Akan tetapi, lanjut Adi, tetap perlu melakukan pembinaan terhadap masyarakat, terutama kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di malam hari.

Tujuan dilaksanakan Apel Sinergitas ini adalah untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas, sehingganya apabila sewaktu-waktu terjadi sudah diantisipasi dengan baik secara dini.

Ditambahkan oleh Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi pada kegiatan bertema 'Bersatu Menjaga Negeri' menerangkan, Apel Sinergitas yang dilanjutkan dengan patroli gabungan diikuti 120 personel, baik dari unsur kepolisian, TNI maupun pemerintah daerah seperti Satpol PP, Dishub dan BPBD. 

"Cara ini sangat efektif dan bisa terlihat dari angka kriminalitas kita yang cukup baik dibandingkan kabupaten lain yang ada di Lampung," ungkapnya.

BACA JUGA:Pemprov Buka Seleksi 210 PPPK Tenaga Kesehatan

Terang Kapolres Pringsewu beberapa kejadian yang sering ditemui saat pelaksanaan operasi diantaranya membawa sajam, mabuk-mabukan, perselingkuhan di salah satu penginapan dan sebagainya. 

"Jika temuan itu dinilai masih wajar, maka petugas hanya memberikan imbauan yang baik, namun jika menjadi tindak pidana, maka akan tetap ditindak lanjuti," tegasnya. (sag/mlo) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: