Targetkan 2023 Sudah Ada Puskesmas Terapkan BLUD

Targetkan 2023 Sudah Ada Puskesmas Terapkan BLUD

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih terus melakukan persiapan untuk rencana penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Unit Pelayanan Kesehatan Daerah (UPTD) Puskesmas yang ada di Negeri Para Saibatin dan Ulama tersebut.

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Meida Siswati, S.Kep., mendampingi Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.K.M, S.H, M.M., mengatakan bahwa, sampai dengan saat ini untuk di Kabupaten Pesbar memang belum ada Puskesmas yang menerapkan BLUD.

Hal itu tentunya juga berkaitan dengan anggaran daerah. Meski begitu, saat ini dalam rencana penerapan BLUD Puskesmas masih terus dilakukan.

“Diskes Pesbar tentunya berharap pada tahun anggaran 2023 mendatang sudah ada yang menerapkan BLUD tersebut. Setidaknya ditargetkan minimal ada enam Puskesmas yang sudah menerapkan BLUD,” katanya.

Dijelaskannya, dalam waktu dekat ini yakni pada 15 November 2022 mendatang Diskes Pesbar juga akan mulai melakukan sosialisasi tentang BLUD di Puskesmas.

BACA JUGA:Wakapolda Lampung Tinjau Kantor Persiapan Polres Pesisir Barat

Sosialisasi tersebut rencananya melibatkan semua pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder terkait dan juga lintas sektor seperti Sekretaris Kabupaten, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bapelitbangda, Inspektorat, bagian organisasi Setdakab Pesbar dan pihak terkait lainnya.

“Sedangkan untuk narasumbernya dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung. Untuk itu, kita berharap rencana tersebut dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Masih kata dia, dalam penerapan BLUD di Puskesmas tentu prosesnya juga cukup panjang. Namun yang jelas mudah-mudahan di tahun 2023 mendatang dari 11 Puskesmas di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Pesbar ini minimal ada enam Puskesmas yang sudah menerapkan BLUD, tentu kedepan bisa terus dilakukan bertahap, sehingga kedepan diharapkan semua Puskesmas di Kabupaten Pesbar ini sudah menerapkan BLUD.

“Selain itu juga dengan akan dilakukan penerapan BLUD tersebut, mudah-mudahan bisa didukung oleh anggaran yang lebih maksimal kembali. Karena penerapan BLUD di Puskesmas juga tentu salah satunya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat maupun lainnya,” pungkasnya.(yan/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: