Keluar Jauh dari TNBBS, Kawanan Gajah Nyaris Masuk Permukiman

Keluar Jauh dari TNBBS, Kawanan Gajah Nyaris Masuk Permukiman

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - 18 ekor gajah liar dengan habitat asli Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) kembali mendekati pemukiman penduduk.

Kali ini kawanan satwa berbelalai tersebut, sempat hendak merangsek ke pemukiman warga Pekon Ringinsari Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat yang hanya berjarak sekitar 100 meter saja.

Beruntung, kesigapan petugas dan masyarakat melakukan blokade, kawanan gajah tersebut mulai menjauh dan pada Rabu siang (2/11/2022) sudah berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga.

Peratin Ringinsari Nurkholis mengungkapkan, permukiman warganya berada cukup jauh dari kawasan TNBBS, sehingga dipastikan kawanan gajah tersebut sudah jauh keluar dari habitat aslinya yang kemungkinan untuk mencari makan.

BACA JUGA:Propam Polresta Bandar Lampung Razia Kendaraan Personil

"Sempat hendak masuk permukiman, bahkan tadi malam sempat berjarak sekitar 100 meter, tetapi siang ini sudah berjarak sekitar 500 meter setelah petugas bersama masyarakat melakukan penghalauan dan berupaya mengusir kawanan gajah tersebut," ungkap Nurkholis.

Meski berjarak sekitar 500 meter, kata dia, namun kawanan gajah tersebut masih berada dalam wilayah tanah marga atau bukan TNBBS. 

Pihaknya telah berupaya melakukan penghalauan dari malam hingga subuh dan dilanjutkan oleh tim lainnya sejak pagi dengan harapan kawanan gajah bisa terus menjauh dan kembali ke habitat aslinya.

"Akibat 18 ekor gajah tersebut ada beberapa gubuk di kebun milik masyarakat yang rusak, selain itu untuk tanaman milik masyarakat seperti pisang dan lainnya sudah barang tentu dimakan dan mengalami kerusakan akibat satwa tersebut," imbuhnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: