Juru Sembelih Halal Dapat Pelatihan Penyembelihan Syar'i

Juru Sembelih Halal Dapat Pelatihan Penyembelihan Syar'i

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ternak yang disembelih secara syar'i terjamin kehalalannya serta memenuhi unsur kebersihan atau aman, sehat, utuh dan halal (Asuh).

Untuk itu seorang juru sembelih harus memahami teknik yang benar dalam menyembelih hewan ternak.

Ketua Umum Juru Sembelih Halal (JULEHA) Indonesia M. Ali Subarkah mengatakan bahwa organisasinya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penyembelihan hewan secara syar'i. 

"Prinsip-prinsip yang digunakan dalam dunia penyembelihan hewan adalah ASUH, yakni Aman, Sehat, Utuh dan Halal," terangnya saat pelatihan juru sembelih halal oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) JULEHA Kabupaten Pringsewu.

BACA JUGA:Dua Pejabat Pratama Pemkab Tanggamus Memasuki Masa Pensiun

Animo peserta dalam pelatihan yang juga menghadirkan Hi. Munawir selaku anggota Komisi Fatwa MUI Lampung dan Penti Susanti selaku Sub Koordinator Keswan dan Kesmawel pada Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu cukup tinggi. 

Peserta tak hanya berasal dari Kabupaten Pringsewu tapi ada juga dari Pesawaran, Lamteng, Lamsel, Tanggamus, Kotabumi, Bandarlampung.

"Pelatihan penting dilakukan untuk membekali para juru sembelih dan masyarakat umum, agar lebih memahami proses penyembelihan hewan yang baik dan benar menurut syar'i," jelas ketua DPD JULEHA Pringsewu Asep Supriyadi mendampingi H. Riyanto Pamungkas Pembina DPD JULEHA Pringsewu. 

Bersamaan dengan itu juga dilakukan pengukuhan pengurus DPD Juleha Pringsewu oleh DPW Juleha lampung, Saluddin, S.H, M. Si. Yang hadir bersama Kepala Kemenag Pringsewu A. Rifai dan wakil MUI.(sag/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: