Puluhan Siswa SMP di Lambar Ikuti Kegiatan PRAJAN

Puluhan Siswa SMP di Lambar Ikuti Kegiatan PRAJAN

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat hari ini, Sabtu (29/10) menggelar kegiatan Parade Reporter Amatir Jaman Now (PRAJAN) di SMPN 3 Liwa, Kecamatan Balik Bukit.

Sekretaris PKBI  Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar  Partinia, S.Pd, M.M mengungkapkan, kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Drs. Tono Suparman, yang dihadiri Kepala Sekolah SMPN 3 Liwa, Hifzon Zohid, S.Pd.I dan perwakilan guru dari SMPN 2 Liwa. 

Menurut Sandarsyah, PRAJAN merupakan lomba untuk memperebutkan juara atau penghargaan tertinggi dalam  suatu aktivitas seseorang atau sekelompok orang dalam memperagakan penampilan seorang wartawan yang tidak profesional pada zaman sekarang, yang bertujuan semata-mata menghibur orang lain, tetapi dalam memperagakan kegiatan tersebut tetap berpegang pada etika, moral dan tidak melanggar norma/hukum yang berlaku.

Kata dia, kegiatan yang bertemakan “Pioneer for Good” (Pelopor segala hal yang baik) dengan Sub Tema ‘Dang Lamon Cawa, Bacak Beguai Daleh Bedu'a’ ini  diikuti oleh siswa-siswa berasal dari SMPN 2 Liwa dan SMPN 3 Liwa.

BACA JUGA:Gerakan Pramuka Gudep Saka Wira Kartika Kodim 0422/LB Gelar Kemah

"Masing-masing sekolah mengirimkan peserta 10 orang siswa. Dengan demikian total peserta yang ikut parade tersebut  sebanyak 20 siswa," kata Sandarsyah, Sabtu (29/10/2022)

Lanjut dia, sedianya kegiatan ini diikuti oleh 30 siswa yang berasal dari SMPN 1 Liwa, SMPN 2 Liwa dan SMPN 3 Liwa,  namun hingga acara dimulai SMPN 1 Liwa tidak mengirimkan pesertanya. 

Adapun maksud digelarnya kegiatan PRAJAN ini adalah untuk memberikan wadah/media/saluran bagi seseorang atau sekelompok orang untuk menunjukkan atau mempertontonkan kemampuan diri (bakat), menghibur orang lain (penonton) dengan joke atau lelucon (cerita jenaka). 

Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjukkan atau mempertontonkan kemampuan diri (bakat) menghibur orang lain (penonton) dengan joke atau lelucon (cerita jenaka) serta menumbuh kembangkan sikap dan perilaku siswa dalam berkompetisi di segala aspek kehidupan, yang juga sekaligus untuk meningkatkan pendidikan moral dan budi pekerti luhur bagi para siswa.

BACA JUGA:Ketua PMI Lampung Hadiri Pelantikan Pengurus PDTDI Cabang Lampung

"Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terjadinya relasi dan hubungan dengan berbagai pihak dan kalangan masyarakat dan terwujudnya rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, serta meningkatnya kesadaran dan kepedulian seseorang atau sekelompok orang dalam berinteraksi dengan sesama/warga masyarakat," tegasnya. 

Lebih jauh dia mengatakan, adapun Dewan Juri yang menilai peserta PRAJAN berjumlah tiga orang, semua berasal dari pengurus PKBI Cabang Lampung Barat.

"Dalam kegiatan ini Panitia PRAJAN  menyiapkan penghargaan berupa dana dan piagam untuk lima orang pemenang, juara I, II, dan III, serta juara harapan I dan II," kata dia seraya menambahkan, 

setiap peserta yang tampil hanya boleh memilih salah satu dari enam pilihan tema PRAJAN untuk ditampilkan yaitu, Kecelakaan Maut Remaja Yang Sedang Pacaran, Penculikan Bayi Hasil Hubungan Gelap, dan Bandar Narkoba Digrebek Polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: