Tanggulangi Banjir, Pemkab Tanggamus Dirikan Dapur Umum dan Segera Perbaiki Tanggul Jebol

Tanggulangi Banjir, Pemkab Tanggamus Dirikan Dapur Umum dan Segera Perbaiki Tanggul Jebol

Tanggulangi banjir Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus dirikan Dapur umum di Pekon Kacapura Kecamatan Semaka - Foto dok--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Tanggamus akhirnya mendirikan dapur umum di balai Pekon Kacapura Kecamatan Semaka. 

Langkah ini ditempuh sebagai salah satu langkah penanggulangan akibat banjir bandang di daerah tersebut. 

Kepala dinas Sosial Kabupaten Tanggamus, Zulfadli mengatakan, dapur umum didirikan karena di daerah tersebut ada sekitar 73 rumah penduduk yang terendam air dengan ketinggian sepinggang orang dewasa.

“Para warga yang rumahnya terendam tersebut sebagian telah mengungsi,” ungkap Zulfadli, Kamis (27/10). 

BACA JUGA:Jalan Becek, Kendaraan Sulit Masuk Pekon Sukadamai dan Sukajadi

Zulfadli menjelaskan, pada sore ini dapur umum tersebut mulai memasak menyiapkan makanan untuk sekitar 300 orang. 

“Belum dapat ditentukan sampai kapan dapur umum akan beroperasi, karena masih akan melihat situasi sampai masyarakat dapat beraktivitas kembali,” terang Zulfadli. 

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, Bambang Sutejo mengatakan, pihaknya melalui Puskesmas juga mendirikan Posko kesehatan untuk warga terdampak banjir.

Selanjutnya Dinkes melakukan pendataan masyarakat terdampak banjir, kesakitan, sumur yang terendam, pemberian kaporit terhadap sumber air bersih/kaporitisasi. 

BACA JUGA:Peringati Maulid Nabi di Mekarjaya, Camat Agus Lantik Pengurus Majelis Taklim

“Pastikan stok obat masih memadai di puskesmas rawan banjir dan stock di dinas. Selanjutnya melaporkan situasi terupdate kondisi banjir yang ada di wilayah puskesmas ke Dinkes,” sebut Bambang Sutejo. 

Sementara itu Sekkab Tanggamus Hamid H Lubis juga langsung meninjau lokasi banjir bandang yang menerjang area persawahan dan menggenangi pemukiman warga 6 Pekon di Kecamatan Kotaagung Barat. 

Menurut Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus, Ediyan M Tohah, setelah Sekkab meninjau langsung penyebab banjir, akhirnya akan dilakukan langkah penanggulangan setelah air surut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: