Tinjau Longsor, Bupati Parosil Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

Tinjau Longsor, Bupati Parosil Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus bersama Wakil Bupati Mad Hasnurin meninjau lokasi jalan longsor di pekon Tebapering, tepatnya jalur penghubung Kecamatan Sukau dengan Lumbok Seminung yang sempat lumpuh akibat longsor pasca hujan deras melanda wilayah setempat pada Selasa (25/10/2022).

Peninjauan yang dilakukan dua kepala daerah itu didampingi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Camat Sukau Andy Cahyadi, Peratin Tebapering Sater.

Dalam kesempatan itu, Parosil mengingatkan kepada masyarakat agar selalu waspada dan hati-hati terhadap cuaca ekstrim yang melanda wilayah lambar, yang telah menyebabkan sejumlah bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

“Saya mengimbau masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca di sini yang sedang ekstrim, curah hujan akhir-akhir ini sangat tinggi dan resiko terjadinya bencana pun sangat tinggi, maka dari itu diharapkan masyarakat agar selalu peduli terhadap bahaya ini agar tidak ada korban jiwa," terusnya.

BACA JUGA:Heboh Wanita Bercadar Terobos Istana Presiden, Ini Sosok yang Sempat Dikira Pelakunya

Parosil juga mengatakan bahwa berdasarkan ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) cuaca pada bulan September hingga November memang akan mengalami cuaca ekstrem. Selain itu juga diketahui bahwa Lampung Barat merupakan daerah yang masih memiliki alam yang luas dan memang kondisi geografisnya berbeda dengan daerah lain.

“Kondisi geografis di Lambar ini didominasi dengan perbukitan dan pegunungan serta terdapat sungai. Sehingga Lambar menjadi kabupaten yang rawan bencana seperti longsor, pohon tumbang dan banjir,” kata dia.

Di kesempatan itu, Parosil juga mengapresiasi kinerja dari BPBD Lambar dalam hal penanganan bencana longsor ini. Menurutnya BPBD Lambar telah sigap menangani bencana yang ada di Lambar khususnya bencana longsor yang terjadi dini hari tadi.

“Saya sangat berterimakasih sekaligus mengapresiasi tim BPBD Lampung Barat yang langsung segera bertindak ketika mendengar terjadinya bencana longsor ini,” ucapnya.

BACA JUGA:Tanggamus Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Terakhir Parosil meminta kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial (Tagana) yang ada di Pekon maupun Kecamatan agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bahaya bencana.

“Harapan saya juga kepada para Tagana yang ada di Pekon maupun Kecamatan agar terus meningkatkan kewaspadaan,selalu siap siaga, mengingat cuaca ekstrem yang terjadi saat ini sedang tidak menentu,” pesannya.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: