KKI Lambar Gelar Musda KMK

KKI Lambar Gelar Musda KMK

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kabupaten Lampung Barat menggelar Musyawarah Daerah I/2022 Koalisi Muda Kependudukan (KMK) Kabupaten Lampung Barat di Aula Selinggang Alam Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, Sabtu (22/10/2022). 

"Kegiatan yang bertemakan Membangun Remaja Berkarakter Unggul dilaksanakan dalam rangka melengkapi kepengurusan dengan membentuk Badan Pengurus Koalisi Muda Kependudukan Kabupaten Lampung Barat. Hal ini sesuai dengan amanat Anggaran Dasar Koalisi Kependudukan Indonesia pada Pasal 15 tentang Struktur Kepengurusan Organisasi yang menyatakan bahwa struktur kepengurusan organisasi Koalisi Kependudukan Indonesia pada tingkat Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota terdiri dari Majelis Kependudukan, Badan Pengawas, Badan Pengurus, Koalisi Muda Kependudukan (KMK) dan Anggota," kata Wakil Ketua KKI Kabupaten Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua KKI Kabupaten Lambar Drs. Tono Suparman.

Menurut dia, dalam pembentukan kepengurusan KMK ini akan dipilih delapan personil pengurus yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara dengan dibantu 5 bidang yang terdiri dari Advokasi, Komunikasi Informasi dan Edukasi/KIE, Kemitraan, Peningkatan Kapasitas, dan Pendidikan Kependudukan.

Kata dia, KMK merupakan bagian dari KKI yang memiliki otonomi dalam kepengurusan, program dan pengelolaan keuangan sebagaimana diatur di dalam Anggaran Rumah Tangga. 

BACA JUGA:Gerak Cepat Ungkap Kasus Curas, TEKAB 308 Presisi Polres Lampura Tangkap 2 Residivis

"KMK merupakan badan otonom yang berada dalam lingkup atau bagian dari Koalisi Kependudukan Indonesia," ujar dia.

Lebih jauh Sandarsyah mengatakan, KMK merupakan kelengkapan organisasi untuk meningkatkan tanggung jawab dan kapasitas generasi muda dalam menghadapi masalah kependudukan. 

KMK juga dibentuk sebagai upaya untuk kemitraan di kalangan organisasi generasi muda yang peduli pada upaya penanggulangan masalah kependudukan dalam rangka tercapainya misi Koalisi Kependudukan. 

Atau dengan kata lain, KMK bertugas dan berfungsi melakukan penggerakan dan kaderisasi generasi muda sesuai visi, misi dan pelaksanaan kegiatan.

BACA JUGA:Lamtim Peringati HSN Secara Serentak di 24 Kecamatan

Lanjut dia, adapun Visi organisasi KKI yaitu organisasi kemasyarakatan yang peduli terhadap isu kependudukan dan pembangunan yang mempunyai visi menjadikan penduduk sebagai pelaku dan sasaran pembangunan sehingga terlaksana pembangunan dari, oleh, dengan dan untuk penduduk.

Sedangkan misinya adalah menggalang kemitraan dengan semua unsur baik pemerintah maupun masyarakat dan swasta dalam pembangunan kependudukan, melakukan advokasi untuk mengarusutamakan kependudukan dan keluarga dalam pembangunan, serta menjadi lumbung pikir bagi peningkatan kapasitas semua pemangku kepentingan terkait dalam pembangunan berkelanjutan.

Lalu menggerakkan, mengaktualisasikan dan menjadi katalisator bagi pembangunan kependudukan serta menjadi wahana independen untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Pada akhir kegiatan ini, lanjut dia, terbentuk susunan dan personalia KMK Kabupaten Lampung Barat masa bakti 2022 – 2026 yang merupakan utusan dari Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang ada di Kota Liwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: