Pekon Gunungterang Bagi Hasil Budidaya Ikan Lele Upaya Pencegahan Stunting

Pekon Gunungterang Bagi Hasil Budidaya Ikan Lele Upaya Pencegahan Stunting

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Gunungterang, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) salurkan makanan tambahan kepada warga yang menjadi program pencegahan stunting

Menariknya makanan tambahan yang disalurkan itu berupa ikan lele, hasil dari program ketahanan pangan ternak lele sebagaimana tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) No.104/2021 Dua Puluh Persen (20%) Penggunaan Dana Desa (DD) bidang Ketahanan Pangan. 

Seperti diketahui salah satu program Ketahanan Pangan Pekon Gunungterang yakni budidaya ternak ikan lele dengan bioflok. 

Dimana diantara bioflok tersebut sudah ada yang mulai tahapan panen ikan dan ikan yang diperoleh langsung dibagikan kepada masyarakat sebagai makanan tambahan 

BACA JUGA:Pekon Sidomulyo Jadi Tujuan Akhir Pembinaan Inspektorat Lambar di Pagardewa

Aparatur setempat Rini mendampingi Penjabat (Pj) Peratin Suparyoto mengatakan, budidaya ikan dengan pola bioflok itu, sebagai inisiatif usaha baru masyarakat. 

Dan melalui Dana Desa (DD) pengadaan delapan unit. Yang diantaranya saat ini sudah ada yang mulai masa panen.

"Alhamdulillah di Perdana panen ikan lele ini, telah membuahkan hasil walaupun budidaya ini menjadi perdana dilaksanakan semoga dari tahap pertama panen ini menjadi pengalaman awal untuk budidaya seterusnya," kata dia. 

Rini juga menyampaikan terimakasih atas sambut positif warga dengan pemberian makanan tambahan ini.

"Semoga kedepan akan muncul inisiatif secara mandiri warga dalam usaha bioflok ini, apalagi lahan dan air sangat mendukung, seperti memanfaatkan pekarangan rumah," imbuhnya. (rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: