Soal Jalan Way Haru, Begini Kata Sudin

Soal Jalan Way Haru, Begini Kata Sudin

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Persoalan akses di ruas jalan menuju Pekon Way Haru dan Pekon terisolir lainnya di Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih menjadi kendala bagi masyarakat di daerah terisolir itu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Lampung I dari Fraksi PDI Perjuangan, Sudin, S.E., mengatakan bahwa persoalan jalan di Way Haru dan sekitarnya yang merupakan wilayah terisolir itu melintasi kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), sehingga dalam pembangunan jalannya tidak bisa dilakukan pengaspalan.

“Saya saat ini bersama pak Ismanto selaku kepala Balai Besar TNBBS, dan saya juga sudah perintahkan kepada beliau bahwa untuk akses jalan Way Haru itu dibuat pengerasan jalan,” kata Sudin, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Pesbar, Minggu (16/10).

Karena itu, lanjut Sudin, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2023 mendatang, akses jalan menuju Way Haru dan daerah terisolir lainnya di wilayah itu yang melintasi kawasan hutan TNBBS akan dilakukan pengerasan badan jalan, dan bukan dilakukan pengaspalan. 

BACA JUGA:Delapan Parpol di Pesbar Akan Diverifikasi Faktual

Sehingga kedepan masyarakat di daerah terisolir tersebut tidak lagi kesulitan untuk akses transportasi.

“Akses jalannya akan dibuat pengerasan, dan tidak dilakukan pengaspalan karena itu masuk wilayah TNBBS, semuanya harus ikut menjaga. Kita lakukan ini untuk kepentingan rakyat,” jelasnya.

Masih kata dia, pihaknya berharap kepada masyarakat di wilayah terisolir itu jika sudah dilakukan pengerasan jalan, diharapkan untuk ikut menjaga kawasan TNBBS, yang pasti mudah-mudahan di tahun anggaran 2023 mendatang melalui APBN untuk akses jalan menuju Way Haru itu tidak ada kendala dan bisa dilakukan pengerasan. 

Selain itu, juga berpesan kepada masyarakat di Kabupaten Pesbar ini yang memang berbatasan langsung dengan samudera hindia agar dapat menjaga dan jangan membuang sampah di laut.

“Potensi laut di Pesbar ini cukup melimpah baik potensi perikanan dan lainnya, untuk itu kita berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga laut yang ada di Pesbar ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: