Delapan Parpol di Pesbar Akan Diverifikasi Faktual

Delapan Parpol di Pesbar Akan Diverifikasi Faktual

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan rapat koordinasi tahapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) peserta Pemilu tahun 2024, yang dipusatkan di aula Sartika Guest House, Pekon Seray Kecamatan Pesisir Tengah, Minggu (16/10).

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua KPU Pesbar Marlini, beserta seluruh anggota KPU setempat. Selain itu hadir juga sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Forum Camat Kabupaten Pesbar, perwakilan Bawaslu Pesbar, unsur Forkopimda, serta pengurus parpol se-Pesbar.

Ketua KPU Pesbar, Marlini, dalam kesempatan itu mengatakan verifikasi telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Selain itu, segala peryataan atau berkas pendaftaran setiap parpol telah disampaikan kepada parpol, dan parpol juga telah melaksanakan perbaikan.

“Kami akan segera melaksanakan kegiatan verifikasi faktual termasuk di dalam kepengurusan parpol diantaranya ketua, sekretaris dan bendahara sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” katanya.

BACA JUGA:Sudin Serahkan Alsintan ke Kelompok Tani di Pesbar

Ditambahkannya, termasuk keterwakilan perempuan 30 persen dan keanggotaannya sesuai apa yang telah didaftarkan di sistem informasi partai politik (Sipol) itu semua akan diverifikasi faktual. 

Sedangkan, untuk di Kabupaten Pesbar ini ada delapan parpol yang lulus secara administrasi dan akan dilakukan verifikasi faktual. Delapan parpol yang akan diverifikasi faktual itu yakni Partai Perindo, Buruh, PKN, Gelora, Ummat, PBB, Garuda, dan partai Hanura.

“Semua parpol itu memang tidak ada di parlemen. Sedangkan, untuk sembilan parpol di Pesbar yang ada di parlemen tidak dilakukan verifikasi faktual,” jelasnya.

Masih kata Marlini, rencana verifikasi faktual itu akan dilaksanakan mulai besok. Karena itu, diharapkan agar parpol yang akan dilakukan verifikasi faktual untuk dapat mempersiapkan diri, karena tim dari KPU Pesbar ini akan melaksanakan tahapan verifikasi faktual tersebut, baik untuk melakukan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan parpol tersebut, maupun lainnya.

“Kita juga berharap adanya dukungan dari semua pihak baik unsur Forkopimda, Forum Camat, APDESI maupun terkait lainnya, sehingga dalam pelaksanaan verifikasi faktual parpol tersebut berjalan dengan maksimal,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: