Harga Karet di Way Kanan Anjlok Lagi

Harga Karet di Way Kanan Anjlok Lagi

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Harga karet di  Way Kanan turun lagi, dan bahkan penurunan kali ini cukup drastis hingga 40%.

Di Kampung Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung semula harganya sempat melambung tinggi hingga Rp9.500 per kilogram kini mulai merosot tajam hingga menjadi Rp6.000 hingga Rp4.000 per kilogram. 

“Harga karet saat ini sudah jauh turun dari sebelumnya, tetapi kami  hanya bisa pasrah dan mengharapkan pemerintah bisa memperjuangkan kenaikan harga karet agar bisa lebih mahal dan stabil minimal diperjuangkan sama dengan harga BBM lah yang harganya semakin melambung tinggi,” ujar Said dan Agus petani karet setempat. 

Hal senada dikatakan Jun (35) pengusaha Lapak karet di Kampung Bandar Dalam, Kecamatan Negeri Agung, Pada pekan lalu harga karet di Kabupaten Way Kanan di tingkat pengepul dengan kadar karet (KK) kurang lebih 45% sudah turun menjadi Rp8.000 per kilogram dan minggu ini mengalami penurunan lagi menjadi Rp6.000 hingga Rp4.000 per kilogram karet dalam kategori mingguan dan sesuai dengan kekeringan kadar karetnya. 

BACA JUGA:Lambar akan Dapat Kucuran Dana Kelurahan Rp1 Miliar

“Kalau kami sebagai pengusaha pendongkrak ekonomi petani karet tidak dapat menentukan harga karet ini tetapi hanya bisa menyesuaikan dengan harga jual di pabriknya. Jika harga di pabrik turun, maka mau tidak mau kami juga harus menurunkannya, Siapa berani mengambil harga lebih mahal sementara kami jual murah dan belum menanggung susut,” ujar Jun. 

Masih menurut Jun bahwa,  Penurunan harga  karet itu tidak hanya dikeluhkan oleh para petani karet saja melainkan ia dan rekan rekannya sesama  pengepul karet (pengusaha karet) juga mengeluhkannya, karena mereka hanya mendapatkan keuntungan tipis. 

"Harga karet turun kemungkinan stok atau produksi di pabrik masih mengalami peningkatan sehingga stok banyak yang dapat mengakibatkan penurunan harga, tetapi untuk pastinya saya kurang tau, kalau kata pabrik turun ya kami terpaksa menurunkan harga pembelian," imbuh Jun.(sah/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: