70 Hektar Sawah di Way Batang Butuh Jaringan Irigasi

70 Hektar Sawah di Way Batang Butuh Jaringan Irigasi

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Masyarakat Pekon Way Batang, Kecamatan Lemong, berharap pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), membangun jaringan irigasi pada areal persawahan di pekon setempat sehingga produksi padi lebih maksimal.

Peratin Way Batang Mad Munadi., mengatakan luas areal persawahan di pekon setempat mencapai 70 hektar lebih, seluruh areal persawahan itu merupakan sawah tadah hujan, sehingga hanya dimanfaatkan petani saat musim hujan.

“Padi yang ditanam petani bergantung pada musim hujan, jadi kalau memasuki musim kemarau areal persawahan akan menjadi tandus dan tidak bisa digarap karena tidak ada air untuk membantu pengolahan,” kata dia.

Dijelaskannya, sejumlah usulan telah disampaikan ke pemerintah, termasuk ke Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, namun hingga kini belum ada perkembangan.

BACA JUGA:Dinsos Pesbar Segera Survei Rumah Warga yang Terdampak Banjir

“Kami terus berupaya agar areal persawahan yang ada di pekon ini bisa digarap dengan maksimal oleh petani, paling tidak bisa ditanam dua kali dalam setahun, karena saat ini masih satu kali, kadang jika tidak memungkinkan tidak ditanam padi oleh petani,” jelasnya.

Ditambahkannya, kini produktivitas areal persawahan itu masih sangat rendah, dimana dalam sekali panen setiap satu hektar sawah hanya mampu menghasilkan satu ton gabah kering panen, sedangkan jika digarap dengan maksimal hasilnya bisa lebih banyak.

“Kalau ketersediaan air mencukupi maka petani bisa melakukan pengolahan dengan maksimal, hasil panen juga akan meningkat. Kita perkirakan bisa mencapai empat ton dalam setahun,” terangnya.

Pihaknya berharap, Pemkab Pesbar melalui instansi terkait dapat membangun jaringan irigasi di areal persawahan tersebut, bahkan sumber air sudah tersedia tinggal saluran irigasi ke sawah yang belum ada.

“Sumber air untuk jaringan irigasi itu sudah siap, karena ada aliran sungai yang dekat dengan areal persawahan itu, jadi tinggal membangun jaringan irigasinya lagi,” pungkasnya. (yogi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: